Hindari Makanan & Minuman Ini Jika Anda Penderita Infeksi Saluran Kencing

9

Infeksi saluran kemih atau biasa disebut infeksi saluran kencing merupakan suatu penyakit yang disebabkan dimana adanya uretra pada wanita yang lebih pendek sehingga bakteri akan dengan mudahnya masuk ke dalam kandung kemih.

Infeksi saluran kemih ini biasanya lebih sering dialami wanita dibandingkan dengan pria. Penyakit infeksi saluran kemih ini biasa diobati dengan mengkonsumsi antibiotik untuk mematikan bakteri yang masuk ke dalam kandung kemih.

Selain itu, untuk membuat infeksi saluran kemih berkurang. Anda juga diharuskan menghindari pengkonsumsian makanan atau minuman tertentu, yang justru jika dikonsumsi bisa membuat iritasi lapisan saluran kemih dan memperburuk penyakit. Lantas apa saja makanan dan minuman yang harus dihindari pada penderita infeksi saluran kemih? Berikut penjelasannya.

  • Kafein

Siapa yang tidak hobi mengkonsumsi kafein. Setiap orang tentu menyukai minuman ini. Biasanya kafein dikonsumsi untuk menambah semangat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Namun tahukah anda bahwa saat anda menderita infeksi saluran kemih sebaiknya anda menghindari pengkonsumsian kafein ini.

Hal ini dikarenakan penelitian menunjukkan bahwa dalam kafein terdapat zat yang dapat memperburuk peradangan yang sedang terjadi.

  • Makanan pedas

Hampir setiap orang sangat suka dengan makanan pedas. Namun, bagi penderita infeksi saluran kemih, makanan pedas justru dapat memperburuk penyakit infeksi saluran kemih loh. Makanan pedas dipercaya dapat meningkatkan kadas asam dalam tubuh, sementara hal ini menjadi tempat favorit bagi bakteri untuk berkembang biak.

  • Makanan dan minuman manis

Siapapun sangat suka mengkonsumsi makanan dan minuman manis. Namun perlu anda ketahui bahwa makanan dan minuman manis mengandung gula yang cukup tinggi yang sangat disukai oleh bakteri penyebab infeksi saluran kemih. Dengan mengkonsumsi makanan tersebut secara tidak langsung anda memberi makan bakteri dan memperlambat proses penyembuhan infeksi saluran kemih.

  • Makanan bertepung

Sama halnya dengan makanan manis, tepung ternyata mengandung gula tersembunyi yang memungkinkan penyakit infeksi saluran kemih menjadi-jadi dan tidak kunjung sembuh.

  • Buah jeruk

Siapa sangka buah jeruk yang kaya akan vitamin c ini ternyata harus dihindari bagi penderita infeksi saluran kemih. Ternyata hal ini dikarenakan jeruk mengandung asam yang jika dikonsumsi akan membuat bakteri berkembang baik di dalam tubuh.

  • Makanan yang tinggi protein

Selain manis, makanan yang harus dihindari bagi penderita infeksi saluran kemih adalah makanan dengan tinggi protein. Makanan dengan tinggi protein bisa seperti daging, ikan, dan burger. Jika anda tetap mengkonsumsinya maka akan membuat tubuh anda menjadi lebih asam sehingga memungkinkan bakteri berkembang biak lebih banyak.

Itulah makanan dan minuman yang harus dihindari jika anda penderita infeksi saluran kemih. Semoga bermanfaat!.