Hindari 6 Makanan Pemicu Miom

18

Miom adalah salah satu penyakit berupa benjolan atau tumor jinak yang tumbuh di rahim. Miom juga dikenal dengan nama fibroid, leiomioma, atau fibromioma. Miom dapat tumbuh di dinding bagian dalam maupun luar dengan ukuran berkisar 1 mm hingga 20 cm. Seorang perempuan yang mengalami miom, bisa memiliki lebih dari satu buah tumor di dalam rahimnya.

Dalam Jurnal Psikologi Undip yang bertajuk Optimisme Kesembuhan Pada Penderita Mioma Uteri, terdapat 2,39 hingga 11,7 persen penderita miom di Indonesia. Paling banyak penderita di usia 35-45 tahun.

Gejala miom bisa berbeda-beda tergantung lokasi, ukuran, dan jumlah tumor yang terdapat di dalam Rahim. Pada umumnya, para penderita miom tidak merasakan gejala apa pun. Namun apabila muncul gejala, biasanya berupa perdarahan menstruasi yang banyak dan berlangsung lebih dari seminggu, nyeri perut pada bagian bawah, dan sering buang air kecil.

Tak ada penjelasan pasti mengenai penyebab miom, tetapi ada hal yang dapat meningkatkan risiko munculnya miom, yaitu peningkatan hormon esterogen. Hormon esterogen adalah hormon yang dihasilkan oleh ovarium. Ternyata, beberapa jenis makanan bisa juga menjadi pemicu timbulnya miom. Apa saja? Yuk, simak berikut ini:

  • Gorengan dan Makanan Manis

Ternyata gorengan dan juga makanan dengan rasa manis dapat menyebabkan miom karena minyak dan gula berlebih, bisa menghambat penyerapan nutrisi. Efeknya adalah penumpukan lemak dalam tubuh dan mengakibatkan hormon esterogen lebih tinggi dari biasanya.

  • Makanan Laut (Seafood)

Selanjutnya adalah makanan laut atau seafood. Seafood memang menjadi salah satu pemicu miom. Kenapa? Karena seafood mengandung kolestrol yang tinggi dan minyak jenuh yang dapat menyebabkan sel otot di sekitar dinding rahim tumbuh dengan tidak wajar. Alhasil, pertumbuhan sel otot ini akan menjadi cikal bakal miom.

  • Minyak Kelapa

Berikutnya adalah minyak kelapa. Tak hanya minyak kelapa, jenis minyak apa pun yang mengandung lemak jenuh tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Selain tinggi akan kadar kolestrol, lemak jenuh juga berpotensi menyebabkan berbagai macam penyakit, salah satunya adalah miom.

  • Jeroan

Nah, buat kalian para penikmat jeroan harus dikurang-kurangi, deh. Pasalnya, jeroan menjadi salah satu daftar makanan yang dapat memicu miom. Sama seperti makanan-makanan sebelumnya, jeroan juga memiliki kandungan lemak jenuh dan kolestrol yang sangat tinggi. Kandungan tersebutlah yang dapat mengakibatkan timbulnya miom pada lapisan otot bagian dalam dari dinding rahim.

  • Santan

Santan adalah salah satu olahan yang terbuat dari kelapa. Ternyata santan menjadi salah satu penyebab miom juga karena mengandung kolestrol jahat. Nah, miom yang tumbuh berpotensi menjadi tumor jinak yang mengganggu sistem reproduksi.

  • Junkfood

Terakhir ada junkfood sebagai salah satu makanan penyebab munculnya miom. Banyak sekali kandungan di dalam junkfood yang tidak baik, seperti pengawet, pewarna buatan, serta MSG dan gula yang berlebih.

Nah, begitulah sekiranya makanan apa saja yang menjadi pemicu timbulnya miom. Maka dari itu, mari mulai menjaga tubuh dengan makan makanan yang lebih sehat supaya terhindar dari penyakit miom.