Hindari 5 Kebiasaan Berikut Ini yang Bikin Kamu Makin Boros!

20

Sering kali kita kehabisan uang di pertengahan bulan dimana masih banyak kebutuhan lain yang belum terpenuhi. Sebagian besar dari kita bahkan tidak menyadari kemana saja uang tersebut dihabiskan.

Bagi kamu yang kebingungan karena sangat boros, berikut ini adalah 5 kebiasaan yang sering bikin kamu boros tanpa kamu sadari:

1. Belanja Di Mini Market atau Super Market

Berbelanja di mini market atau super market memanggil lebih nyaman dan menyenangkan. Namun tahukah kamu bahwa kebiasaan seperti ini justru sangat tidak sehat untuk kantong kamu?

Bahkan meskipun sedang diadakan promosi atau diskon besar-besaran, namun sebenarnya harga yang tertera adalah harga yang sudah di- mark up sehingga kamu hanya membeli barang diskon dengan harga yang biasanya. Membeli kebutuhan sehari-hari di pasar atau warung jauh lebih murah dan hemat untuk kantong kamu.

2. Berkumpul Dengan Teman

Kehidupan sosial memang penting tapi kebiasaan berkumpul di kafe atau resto justru membuat kantong kamu kering. Mungkin terdengar lebih gaul atau kekinian, namun kamu juga harus ingat dengan resiko keuangan yang semakin menipis.

Tidak ada salahnya jika kamu mengajak teman untuk berkumpul di rumah. Cemilan yang dapat kamu masak sendiri tentu akan jauh lebih menghemat pengeluaran dibandingkan harus membayar menindih kafe yang harganya selangit.

Berkumpul bersama teman di rumah juga membuat teman jadi lebih nyaman untuk melakukan hal lainnya, seperti berbaring jika kelelahan.

3. Paket Data

Nah, kalau kebiasaan yang satu ini benar-benar kebiasaan kaum milenial. Internet merupakan bagian dari kehidupan semua orang saat ini, terutama anak muda. Paket internet dengan iming-iming data tidak terbatas menjadi salah satu paket internet paling laris di pasaran.

Namun tahukah kamu bahwa rata-rata setiap orang hanya menghabiskan 2,8 GB untuk pemakaian satu bulan. Data ini menunjukkan bahwa sebenarnya banyak orang yang membayar data yang sebenarnya tidak mereka gunakan. Kebiasaan seperti ini harus kamu hentikan dan mulailah bijak untuk menentukan pembelian paket internet sesuai dengan kebutuhan.

4. Kendaraan Pribadi

Tahukah kamu bahwa terlalu sering menggunakan kendaraan pribadi justru membuat kamu semakin boros. Ketika kamu berkali-kali menghidupkan mesin mobil atau motor, maka berkali-kali pula mesin membutuhkan bahan bakar yang lebih untuk mulai bekerja kembali.

Ada baiknya jika kamu menggunakan transportasi umum untuk perjalanan pendek yang berkali-kali dilakukan. Dengan begitu, kamu akan lebih hemat dalam bahan bakar kendaraan pribadi. Selain itu, kamu juga menggalakkan program pemerintah untuk mengurangi polutan.

5. Ponsel Baru

Kemajuan teknologi memang selalu menarik untuk diikuti. Ponsel yang selalu hadir dalam berbagai tawaran fitur menarik dan terbaru membuat banyak kaum milenial tertarik untuk memilikinya.

Dengan alasan tidak ingin ketinggalan zaman, ponsel-ponsel yang sebenarnya tidak terlihat dibutuhkan ini pun laris manis di kalangan anak muda yang memiliki gengsi tinggi.

Kebiasaan ini sebaiknya segera kamu hentikan jika kamu merasakannya. Bukan hanya boros, tapi juga membuat kamu menjadi pribadi yang tidak bertanggungjawab dan berego tinggi.

Itulah 5 kebiasaan buruk yang dapat membuat kamu menjadi boros tanpa disadari. Segera hilangkan kebiasaan tersebut dan mulailah menata kembali keuanganmu.