Hercules C-130 Menjemput Alkes Sebanyak 9 Ton di China

20

Malang, 21 Maret 2020 – Sisriadi selaku TNI Mayor Jenderal (Mayjen) mengatakan bahwa tim yang dibentuk untuk menjemput alat kesehatan (alkes) telah diterbangkan pada pagi ini pukul 06.55 WIB guna menangani virus corona. Pesawat Hercules C-130 dari TNI Angkatan Udara memulai keberangkatan dari Bandara ABD Saleh, Kota Malang menuju ke China.

Konfirmasi yang disampaikan oleh Fajar Adriyanto sebagai Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (Kadispenau) menyampaikan secara rinci bahwa pesawat penerbangan menuju Shanghai China tersebut akan dipiloti oleh Letkol Pnb Suryo,seorang Komandan Skadron Udara 32. Pesawat tersebut diterbangkan dengan nomor registrasi A-1333.

Tambahnya, rute penerbangan yang akan dilewati adalah Malang-Natuna-Hainan-Shanghai dengan dua kali transit di Lanud Raden Sadjad Natuna dan di Bandara Sanya di Hainan guna mengisi bahan bakar sebelum tiba dan mendarat di Bandara Pudong di Shanghai China.

Kru pesawat yang diterbangkan guna mengerjakan misi pengangkutan logistik kesehatan yang dibeli oleh pemerintah Indonesia sebanyak 21 kru. Dua diantaranya adalah bagian dari Kementerian Pertahanan Republik Indonesia.

Pemerintah RI membeli alkes sekitar 9 ton untuk menangani virus corona di Indonesia. Misi pengangkutan yang sedang dikerjakan ini adalah bentuk permintaan dari seorang Menteri Pertahanan, yaitu Prabowo Subianto dengan menuliskan Surat Menteri Pertahanan nomor B/667/M/III/2020 untuk diserahkan secara langsung kepada Panglima TNI.

Melihat keadaan Indonesia yang semakin genting akibat COVID-19 ini, Prabowo membuat surat tersebut agar bisa mengangkut alat kesehatan yang telah dibeli dari China untuk menangani masalah kesehatan yang ada di Indonesia. Beberapa alat tersebut diantaranya, masker N-95, disposable mask, goggles, protective clothing, shoe covers, gloves, surgical caps, serta infrared thermometer.

Karena, untuk keadaan saat ini virus corona semakin cepat menyebar di beberapa daerah yang ada di Indonesia. Jadi, untuk menghindari penyebaran yang semakin meluas, Indonesia membutuhkan banyak alat kesehatan untuk mendukung kesembuhan dan antisipasi penyebaran.

Harapan Pemerintah dengan adanya penanganan ini maka penyebaran virus corona bisa segera dihentikan. Pengadaan alat kesehatan adalah salah satu upaya yang dilakukan agar bisa mengatasi masalah covid-19 ini.

Sebelum dilakukan penerbangan banyak yang menjadi pertimbangan. Salah satunya adalah pesawat yang akan digunakan untuk mengambil alkes tersebut. Kemudian, Dahnil Anzar Simanjuntak selaku Staf Khusus Kementerian Pertahanan pada Bidang Komunikasi Publik Kemenhan, menyatakan bahwa pesawat TNI menjadi sebuah pertimbangan untuk mengangkut alkes dari China ke Indonesia.

Hal ini menjadi keputusan yang bulat agar proses birokrasi antara China dan Indonesia bisa berjalan dengan baik dan mudah. Penggunaan pesawat dari TNI akan menjadikan pengadaan alat kesehatan bisa dilakukan dengan cepat.