Hati-Hati, Berikut Ini Daftar Smartphone Dengan Tingkat Radiasi Tertinggi

85

Di zaman yang semakin maju ini, penggunaan smartphone sepertinya sudah merajalela dan penggunaanya menjadi hal yang sangat wajar. Dari kalangan anak-anak, remaja hingga orang tua terkadang disibukkan dengan ponselnya masing-masing. Bahkan, tidak jarang juga setiap individu memiliki lebih dari 1 ponsel.

Sangat terlihat, manfaat yang dihasilkan dari ponsel tersebut sehingga banyak orang yang bergantung kepadanya. Mulai dari pekerjaan, pendidikan, hiburan dan masih banyak lagi hal yang dapat dengan mudah kita akses di genggaman tangan kita.

Selain dapat membantu, perkembangan teknologi yang ada tentunya selalu bersandingan dengan dampak negatifnya. Dan pernahkah kita memikirkan tentang dampak negatif apa yang dihasilkan oleh ponsel kita sendiri? sebesar apa dampak negatif yang dihasilkan? Apakah lebih banyak dari manfaatnya atau sebaliknya?

Setiap smartphone memiliki radiasi atau pancaran gelombang elektromagnetik yang bisa membahayakan bagi tubuh pengguna. Tapi, tidak semua smartphone memiliki jumlah radiasi yang sama. Satuan yang digunakan untuk mengukur radiasi dikenal dengan SAR (Angka Absorpsi Spesifik) dalam satuan watt per kilogram.

Walaupun masih banyak perdebatan mengenai hal ini, ada baiknya kita waspada akan dampak yang dihasilkan ya. Yuk simak, urutan ponsel apa saja yang memiliki radiasi tertinggi Berdasarkan laporan dari german federal office for radiation:

Peringkat Merk Smartphone Jumlah SAR (watt per kilogram)
1 Xiaomi Mi A1 1,75
2 OnePlus 5T 1,68
3 Xiaomi Mi Max 3 1,58
4 OnePlus 6T 1,55
5 HTC U12 Life 1,48
6 Xiaomi Mi MIX 3 1,45
7 Google Pixel 3 XL 1,39
8 OnePlus 5 1,39
9 iPhone 7 1,38
10 Sony Xperia XZ1 Compact 1,36

Itulah peringkat ponsel berdasarkan tingkat radiasi tertingginya. Pemilik hp dengan jenis diatas, ada baiknya mulai mengurangi penggunaan smartphonenya jika tidak dibutuhkan ya. Karena disamping teknologinya yang canggih, ada beberapa bahaya yang bisa merugikan kesehatan tubuhmu sendiri.

Menurut peneliti dari kantor federal german, perangkat smartphone dapat dikatakan aman jika SAR yang dihasilkan berjumlah tidak lebih dari 0,60 W/kg. sedangkan fakta yang ada, ponsel- ponsel yang telah disebutkan diatas memiliki rata-rata 2kali lipat lebih banyak dari batas aman.

Tentunya, ini bukan hal yang bisa kita biarkan begitu saja karena radiasi yang berlebihan dapat menyebabkan sakit kepala, kelelahan, tumor otak hingga sakit kanker loh. Yuk mulai bijak menggunakan smartphone