Hati-hati! 4 Kondisi Ini Membuat Anda Tidak Bisa Berfikir Dengan Benar

18

Pada suatu keadaan, kita biasanya mengalami hal yang mengharuskan berfikir dengan jernih. Tetapi, pada suatu kondisi kita tidak bisa berfikir dengan jernih. Bukan hanya berfikir tetapi sebuah ide atau kreatifitas juga tidak akan bisa muncul.

1. Lelah

Ketika badan kita sedang lelah, maka untuk mencerna kata atau ucapan dari orang lain saja kita sulit, apalagi untuk berfikir secara jernih. Kondisi tubuh yang lelah, membuat kita cepat marah dan sensitif.

Ketika badan kita sedang lelah atau kelelahan, maka beristirahatlah sebentar, tenangkan pikiran dan atur pernapasan, baru kalau rasa lelah sedikit berkurang, kita bisa melanjutkan aktivitas kembali dan dapat berfikir dengan jernih kembali.

2. Mengantuk

Mengantuk tidak hanya terjadi pada malam hari, tetapi bisa saja terjadi pada pagi hari, siang hari, sore hari dan pada saat kita sedang jenuh atau sedang menganggur dan tidak ada lawan bicara. Pada saat mengantuk, kita hanya berfokus untuk tidur saja, tanpa bisa berfikir lainnya. Sering kali saat kita mengantuk, kita sering tidak menyambung saat diajak berbicara.

Pada saat seperti ini, untuk mengambil sebuah keputusan dan berfikir secara jernih kita tidak akan mampu. Untuk dapat berfikir jernih kembali adalah menyadarkan diri kembali dengan cuci muka, minum air putih atau tergantung kondisi, kemudian kita baru bisa berfikir jernih kembali.

3. Lapar

Perut saat tidak ada asupan makanan, maka energi yang ada dalam tubuh kita akan habis, sehingga membuat kita tidak bisa berfikir dengan baik dan jernih. Lapar juga sering membuat kita tidak bisa fokus pada suatu hal dan membuat kita lemas serta mengantuk.

Untuk mengurangi rasa lapar, kita bisa sedikit mengganjalnya dengan makanan ringan atau cemilan. Ketika perut kita sudah terisi sedikit makanan, kita bisa sedikit berfikir dengan jernih dan bisa fokus kembali.

4. Marah

Kondisi yang berikut ini biasanya datang dari luar diri kita. Sehingga untuk pemulihan dan menenangkan diri kita butuh waktu yang cukup lama. Ketika kita sedang marah, fokus kita hanya pada hal yang negatif saja dan sering kali keputusan yang kita ambil kacau balau.

Pikiran kita sangat kacau dan tidak bisa berfikir dengan jernih. Untuk meredakan marah yaitu dengan menenangkan pikiran dan berdiam diri sejenak, menarik napas dengan dalam dan mengeluarkan secara perlahan.

Itulah kondisi kita saat kita tidak bisa berfikir dengan jernih. Ambilah setiap keputusan saat kondisi kalian stabil dan ketika kalian mempunyai pikiran positif dan baik.