Hastag #RIPSutopo Mengiringi Kepergian Jubir BNPB

11

Indonesia berduka, seorang putra terbaik bangsa kembali ke haribaan Sang Pencipta. Sutopo Purwo Nugroho diketahui meninggal dini hari, Minggu (7/7). Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) tersebut pergi di tengah perjuangannya melawan kanker paru-paru. Almarhum Sutopo Purwo Nugroho ini meninggal dunia di tengah-tengah perjuangannya melawan penyakit kanker, dan saat ini jenazahnya masih di Guangzhou, China.

Sebelumnya, diketahui Sutopo sempat bertolak ke China pada Juni lalu. Kepergiannya guna menjalani pengobatan kanker paru stadium 4. Kabar meninggalnya Sutopo sendiri dilansir dari akun twitter Direktorat Pengurangan Risiko Bencana (PRB) BNPB. Tepat pukul 02.00 dini hari waktu Guangzhou, Sutopo pergi untuk selama-lamanya. Tak ada yang menyangka, sosok sekuat dan sebaik Sutopo pergi dalam waktu cepat.

Hingga siang ini, twit ucapan belasungkawa bagi Pak Topo masih mengalir di jagat twitter. Hastag #RIPSutopo menjadi trending topic dalam negeri. Ratusan tweet telah diunduh oleh netizen Indonesia, tidak terkecuali politisi dan artis. Salah satunya berasal dari Kirana Larasati, artis sekaligus politisi PDIP. Ia mengirimkan ucapan selamat jalan dan doa bagi ketenangan Sutopo.

Karir Sutopo sebagai jubir (juru bicara) BNPB diungkap terjadi tanpa sengaja. Dirinya dilantik tiba-tiba guna memberikan informasi seputar mitigasi bencana. Sutopo mengaku tidak memiliki latar belakang di bidang komunikasi sedikit pun. Namun dirinya fasih menjelaskan persoalan bencana dan penanggulangannya. Guna mengedukasi masyarakat, Sutopo kerap mengunggah dan mentwit kondisi geografis Indonesia terkini.

Sejak memutuskan berangkat ke China, tidak ada yang tahu pasti kabar Sutopo. Akun twitter pribadinya yang terbiasa rajin berkicau, seketika sunyi senyap. Hasil penelusuran menemukan tweet terakhir diunggah pada 15 Juni, sebelum keberangkatannya. Dalam unggahan tersebut, Sutopo memberikan informasi titik-titik hot spot di wilayah Indonesia. Tak ditemukan informasi tambahan lainnya sedikit pun.

Sebelumnya, hastag #DoaBuatSutopo sempat meramaikan jagat raya. Netizen ramai mengirimkan ucapan semangat untuk mendukung pengobatannya di China. Sutopo sendiri mengaku dirinya divonis kanker stadium 4 pada Januari 2018 lalu. Tak pernah disangka, penyakit mematikan tersebut mengintai keselamatan jiwanya. Sutopo mengaku selama ini tak pernah merokok dan selalu menjalankan gaya hidup sehat.

Sumber: cnnindonesia.com