Hari Pahlawan Ganjar Pranowo di Desa Makam Tentara Pelajar

15

Peringatan Hari Pahlawan yang ke-10 tak lupa digelar oleh Ganjar Pranowo yang saat ini menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah. Dilaksanakan di lapangan di desa Wareng, Kecamatan Butuh, Purworejo. Hari Pahlawan juga diperingati di sejumlah daerah lain yang ada di Indonesia. Menariknya, ini adalah pertama kalinya diadakan peringatan Hari Pahlawan di desa Makam Tentara Pelajar dan masyarakat menyambut baik acara tersebut. Tentu ini menjadi peluang sangat bagus agar ke depannya selalu diadakan peringatan setiap tahunnya bagi para pahlawan yang telah memperjuangkan bangsa ini.

Kegiatan ini memang sengaja digelar di desa makam pahlawan yang terdiri atas 6 makam pejuang anggota Tentara Pelajar. Memang lokasi tersebut seolah tak mendapat perhatian langsung dari warga desa sebab sangat jarang dikunjungi. Tentara pelajar hingga kini masih bagian dari IPI (Ikatan Pelajar Indonesia) yang pemimpinnya Imam Pratigyo. Hingga ibukota negara Indonesia sudah dipindahkan ke Yogyakarta, IPI masih  berkembang dengan baik dan IPI yang ada di Purworejo menjadi IPI Kedu Selatan. Dengan adanya acara seperti ini semoga masyarakat lebih mengenal siapa pahlawan Indonesia dan senang berkunjung ke makam tentara pelajar tersebut.

Ganjar pada Senin, 11 November 2019 juga mengatakan, mungkin nama pahlawan tersebut tak dikenal banyak orang, namun mereka juga memiliki peran dalam mempertahankan Republik Indonesia dalam mengusir para penjajah. Diantara banyak pahlawan, salah satu lokasi makamnya ada di sini (di desa Wareng). Tentunya para pahlawan ini memiliki jasa yang besar terhadap bangsa Indonesia.

Penaklukan tentara Belanda yang saat itu ada di wilayah Purworejo serta wilayah sekitarnya dilakukan dengan berbagai cara termasuk berbagai serangan Tentara Pelajar (TP). Namun saat kejadian tersebut, pahlawan dari Kudu Selatan yang gugur sebanyak 21 pahlawan. Sedangkan yang dimakamkan di Desa Wareng sebanyak 6 orang pahlawan yang berasal dari Tentara Pelajar. Sedangkan pahlawan yang lainnya dimakam di daerah sekitarnya salah satunya di Taman Makam Pahlawan Purworejo.

Upacara tersebut diikuti pleh Pemprov Jawa Tengah, Pemerintah Kabupaten Purworejo, para pelajar, anggota Polri dan TNI serta masyarakat wilayah tersebut juga mengikutinya. Bahkan warga cukup semangat atas terlaksananya upacara peringatan Hari Pahlawan di desanya seperti yang dikatakan oleh Kepala Desa Wareng, Nur Rahman.

Meskipun peringatan ini diadakan di desa Wareng pertama kalinya, namun masyarakat tetap menyambutnya dengan senang hati. Dan untuk kedepannya semoga semakin ramai orang yang berkunjung ke desa ini khususnya menziarahi makam pahlawan tersebut.

Sumber: cnnindonesia.com