Hari ini Sejumlah Wilayah Jakarta Masih Terendam Banjir

22

26 Februari 2020 – Sejumlah wilayah di DKI Jakarta yang terendam banjir sejak Selasa kemarin hari ini Rabu, 26 Februari masih tergenang banjir. Salah satunya di Jalan Kayu Putih, Jakarta bagian timur, banjir masih menggenang dengan ketinggian 10 sampai 20 cm. Meskipun begitu, jalan tersebut tetap bisa dilalui kendaraan, sehingga lalu lintas kendaraan bermotor masih tetap bisa dilakukan.

Hal yang sama juga terjadi di Daerah Kelapa Gading, Jakarta bagian Utara dengan ketinggian hingga 25 cm, khususnya di Jalan Boulevard Raya di depan Mall Kelapa Gading. Selain itu, di Jakarta Utara kawasan Perumahan Tipar Timur, Semper Barat juga masih terganggu dengan genangan air yang tinggi.

Beralih ke Ringroad Kembangan hingga Ciledug, Jakarta Barat masih juga berada dalam genangan air dengan ketinggian hingga 20 cm. Genangan air tetap bisa dilalui kendaraan namun lebih waspada dan berhati-hati. Wilayah lain Jakarta Barat yang masih tergenang banjir ialah Jalan Panjang, termasuk di depan McDonald Green Garden yang juga setinggi 20 cm.

Akibat yang parah bisa dilihat pada Gerbang Tol Cempaka yang belum bisa difungsikan sebab banjir yang terjadi membuat perangkat elektronik di tol tersebut rusak. Solusinya, untuk sementara mobil diarahkan ke Gerbang Tol Rawamangun. Pengalihan ini tentunya akan membuat para pengguna tol merasa kurang nyaman, tetapi ini adalah langkah yang harus dilakukan.

Pengalihan jalur lalu lintas tol ini juga terjadi di Pintu Keluar Tol KBN Cakung. Pengendara kendaraan roda empat tidak bisa keluar dari jalan tol melalui pintu KBN Cakung  karena genangan air masih ada.

Di sisi lain, sesuai yang disebutkan oleh M Insaf selaku Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Penanggulangan  Bencana Daerah (BPBD) Daerah Jakarta bahwa masih ada lebih dari seratus RW yang masih  terendam banjir hingga hari ini. Angka 142 ini sudah turun dibandingkan hari sebelumnya yang berjumlah 236 RW. Sebanyak 142 RW ini masih tergenang air hingga tinggi maksimal 180 cm di wilayah Kelurahan Cawang.

Pintu Air Angke dan Pintu Air Karet yang sebelumnya ditetapkan status siaga 1,  hari ini status tersebut sudah turun. Hal ini juga sesuai apa yang disampaikan oleh Insaf, jadi tidak ada lagi status siaga 2 ataupun status siaga 1. Tetapi di Angke Hulu masih siaga 3 dengan tinggi air 180 cm dan 185 cm di Pasar Ikan. Sedangkan status siaga 4 berada di Pintu Air Katulampa, Krukut Hulu, Depok, Cipinang Hulu, Sunter Hulu, Karet, Pulogadung dan Manggarai.