Hari Ini Rupiah Mulai Kuat Kembali Rp 14.380 per Dolar AS

9

Selasa, 28 Mei 2019 sempat dikabarkan nilai rupiah yang anjlok lagi, kini menjadi kabar baik bagi Rupiah. Dimana nampaknya sudah mulai tidak terpuruk, setelah pagi ini mengalami peningkatan 0,08 %. Jadi, bisa dikatakan Rupiah telah menguat dengan nilai tukar Rp 14.380 per dolar AS. Jumlah ini meningkat dibandingkan pada hari Selasa (27/5) berada di posisi Rp 14.391 per dolar AS.

Disisi lain, pagi ini sebagian besar mata uang di Asia kembali lemah atas dolar AS. Beberapa mata uang yang menurun ini diantaranya yen Jepang yang melemah sebesar 0,02 persen, peso sebesar 0,04 persen, dolar Singapura 0,01 persen, won Korea Selatan mengalami pelemahan sebesar 0,13 persen. Namun, untuk mata uang dolar Hongkong meningkat sebesar 0,01 persen dan mata uang Thailand bath juga mengalami peningkatan sebesar 0,06 persen.

Hal serupa juga Nampak pada peningkatan mata uang di negara Eropa diantaranya adalah poundsterling yang menguat sebesar 0,01 persen dan dolar Australia mengalami penguatan sebesar 0,09 persen.

Menurut Dirut PT Garuda Berjangka Ibrahim hal yang menyebabkan penguatan rupiah terhadap dolar AS karena adanya faktor eksternal seperti adanya hasil pemilu Uni Eropa. Diketahui ternyata partai pro Uni Eropa juga memegang dua per tiga kursi parlemen. Akibatnya euro lemah dan dolar AS semakin menguat. Ini membuat investor bisa bernafas lega.

Faktor kedua adalah diprediksikan bank central AS menurunkan suku bunganya setelah data ekonomi AS tidak mumpuni. Dilansir dari CNN Indonesia bahwa indeks manufaktur AS bulan Mei berada di posisi 50,6 persen dan mengalami penurunan jika dibandingkan dengan bulan April senilai 52,6 persen. Angka tersebut merupakan angka terendah dari Desember 2009. Penurunan juga terjadi pada penjualan rumah yang turun sebesar 673 ribu di bulan April dan lebih rendah jika dibandingkan pada bulan Maret sebesar 6,9 persen.

Ibrahim juga menambahkan hari ini rupiah akan meningkat antara Rp 14.320 sampai Rp 14.400 per dolar AS. Apakah rupiah akan terus menguat dan Berjaya atas dolar AS? Kita tunggu perkembangan rupiah selanjutnya dan berdo’a supaya ekonomi Indonesia tidak terus menerus terpuruk.