Harga Rumah Subsidi Naik Tahun Depan, Generasi Milenial Segera Ambil Bagian Sekarang!

16

Program pemerintah untuk memberikan kemudahan memiliki rumah lewat program sejuta rumah ternyata mendapatkan apresiasi yang sangat baik dari masyarakat. Terbukti, realisasi rumah yang berhasil dibangun mencapai 730 unit hingga bulan Agustus ini.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)  menyampaikan bahwa jumlah unit yang berhasil dibangun adalah 735.547 unit. Jumlah ini akan terus ditingkatkan demi memenuhi kebutuhan masyarakat. Namun tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, rencananya pemerintah akan menaikkan harga rumah subsidi untuk tahun depan.

Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid mengatakan, “Kalau kebijakan ke depan kaya apa, dari berbagai penilaian bahwa program sejuta rumah dianggap relevan untuk dilanjutkan. Dengan capaian yang kita peroleh tahun keempat ini.”

Berdasarkan surat yang ditandatangani oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono disebutkan bahwa wilayah Jawa kecuali Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi dan Sumatera kecuali Kepulauan Riau, Bangka Belitung, Kepulauan Mentawai harga rumah subsidi pada 2019 Rp 140 juta akan naik pada tahun 2020 menjadi Rp 150,5 juta. 

Sedangkan pada wilayah Kalimantan kecuali Kabupaten Murung Raya dan Kabupaten Mahakam Ulu, harga rumah subsidi pada tahun 2019 sebesar Rp 153 juta, akan naik pada tahun 2020 menjadi Rp 164,5 juta. 

Di wilayah Sulawesi, Bangka Belitung, Kepulauan Mentawai dan Kepulauan Riau kecuali Anambas harga rumah subsidi yang dipatok sebesar Rp 146 juta pada tahun 2019 akan naik harganya menjadi Rp 156,5 juta di tahun 2020.

Selanjutnya pada wilayah Maluku Utara, Bali dan Nusa Tenggara, Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi), kepulauan Anambas, Kabupaten Murung Raya, dan Kabupaten Mahakam Ulu rumah subsidi ditawarkan pada harga Rp 158 juta pada tahun 2019, sedangkan pada 2020 akan naik menjadi Rp 168 juta. 

Sedangkan harga rumah subsidi di Papua dan Papua Barat pada tahun 2019 yang dijual sebesar Rp 212 juta, maka pada tahun 2020 harga rumah dipatok menjadi Rp 219 juta.

Maka dari itu, bagi kamu generasi milenial yang sedang asyik mengumpulkan pundi-pundi, ada baiknya untuk segera memiliki salah satu hunian untuk masa depan kamu. Rumah subsidi pemerintah ini memang diperuntukkan bagi masyarakat yang belum pernah memiliki rumah sehingga sangat tepat jika kamu memiliki salah satunya. Namun jangan lupa pula untuk memperhitungkan biaya lain yang muncul seperti biaya notaris, booking fee, biaya provisi, dan lain-lain.