Harapan Rossi yang Akhirnya Dikabulkan Yamaha

12
Harapan Rossi yang Akhirnya Dikabulkan Yamaha

Valentino Rossi mengakui bahwa timnya (Yamaha) memenuhi permintaannya sejak dua setengah tahun lalu. Rossi yang belum menempati podium sejak MotoGP Amerika Serikat 2019 pada 14 April lalu. Dirinya pun mengakui bahwa ada perubahan yang terjadi di dalam Yamaha setelah jeda musim panas.

Rossi mengatkan bahwa Yamaha mulai bekerja dengan baik, pada sisi akselerasi dan elektronik dan juga untuk ememperbaik performa  ban belakang. Ini yang dirinya minta sejak dua setengah tahun. Tetapi dirinya belum mendapat jawaban hingga akhir bulan.

Rossi pun yakin bahwa dirinya dan timnya bisa lebih baik dan lebih kompetitif pada akhir tahun ini dan tahun depan. Setelah istirahat paruh musim, rossi hanya meraih posisi ke enam pada MotoGp Ceko dan peringkat empat pada MOtoGP Austria dan Inggris.

Sebelum itu, Rossi sempat gagal finish pada tiga seri balapan yaitu MotoGP Italia, Catalunya dan Belandadan kemudian disusul finish pada peringkat ke delapan di MotoGP German. Salah satu kendala yang diraskan oleh Rossi pada perfroma Yamaha adalah berupa lintasan lurus yang dimana hal tersebut kurang bisa bersaing secara signifikan dengan motor – motor dari tim lain.

Rosi juga mengucapkan bahwa dirinya dan timnya telah membaik tetapi jalan mereka masih panjang. Dirinya pun mengakui biasanya tertinggal 7 hingga 8 detik dari pebalap papan atas di arena balapan. Rosi pun menambahkan motor lain bisa lebih cepat 12 kilometer perjam di lintasan lurus. Dirinya pun mengakui bahwa tunggangnnya kurang bisa kuat seperti Ducati di lintasan lurus tapi dirinya dan timnya harus bisa bekerja untuk menyelesaikan persoalan tersebut atau setidaknya mengurangi separuhnya.

Setelah ada perbaikan pada motor YZR-M1, Rossi pun berharap  bahwa Yamaha dapat mendatangkan swingarm baru untuk meningkatkan eprformanya. Rossi mengucapkan bahwa dirinya sangat berharap agar timnya mendatangkan secepatnya swingarm tersebut.

Rossi pun menunjukkan sikap optimismenya terkait tes MotoGP di sirkuit Misano pada pekan ini. hal itu karena Yamaha telah mengerjakan perbaikan – perbaikan yang sejak lama dirinya inginkan. Komponen baru yang akan dicoba oleh Rossi adalah carbonfibre swingarm atau swingarm berbahan serat karbon. Carbonswingarm senediri menjadi favorit bagi pembalap – pembalap motoGP. Sekitar 4 dari 6 pabrikan sendiri beralih dari bahan alumunium mkonvensional ke serat karbon.

Yamaha sendiri memakai mesin konfigurasi inline-4 sama seperti Suzuki. Namun, Rossi sendiri mempunyai ide untuk memaki carbon swingarm sendiri sejak lama. Dirinya pun mengakui bawha sudah meminta berkali – kali dengan harapan carbon swingarm tersebut membantu performa dirinya dan timnya. Serat carbon snediri banyak memiliki kelebihan saat diterapkan untuk pembuatan komponen pada permukaan lebar. Hal tersebut seperti yang dijelaskan oleh Corrado Cecchinelli, direktur Teknologi MotoGP.

Sumber : cnnindonesia.com