Harapan Rossi Agar Keselamatan di Sirkuit MotoGP  Ditingkatkan

14

Tavullia,15 Januari 2020 Valentino Rossi yang dikenal sebagai pembalap Monster Energy Yamaha kini mengutarakan harapannya agar  tingkat keselamatan perlu terus ditingkatkan. Karena hingga sat ini MotoGP yang sudah dikenal hingga belahan dunia ini masih menjadi bidang olahraga dengan resiko sangat tinggi.

Perhatian terhadap banyaknya kecelakaan dan bisa menyebabkan korban cedera ini sangat dibutuhkan. Berbagai pengamanan yang bisa diberikan terhadap para pembalap bisa lebih ditingkatkan lagi untuk kedepannya.

Valetino Rossi pernah kecelakaan dan cedera pada ajang MotoGP 2000 silam. Sejauh ini Valentino Rossi mengaku bahwa aspek keselamatan di sirkuit jika dilihat dari sisi teknis memang sudah jauh meningkat. Salah satunya dari segi helm dan jaket pelindung tubuh yang digunakan oleh para pembalap saat ini sudah lebih baik dari masa dulu

Rossi melanjutkan bahwa saat ini jika ingin bergabung dalam lintasan balapan MotoGP maka semua pembalap tersebut harus mengenakan jaket pelindung untuk bagian dada  dimana bagian belakang jaket dilengkapi dengan kantung udara. Tetapi hal ini sebenarnya belum cukup jka menurut Valentino Rossi sebab aspek keselamatan di sirkuit  perlu untuk terus ditingkatkan, misalnya lokasi run-off.

Valentino Rossi pada Rabu, 15 Januari mengaku dia dan timnya  sudah bekerja keras agar balapan yang dilakukan tetap aman dan selamat sampai garis finish bersama Komite Keselamatan sejak tahun 2003 lalu. Keamanan serta kelengkapan peralatan balapan pun sudah ditingkatkan dengan baik. Saat ini, langkah yang harus dipatuhi ialah menyediakan pelindung dada lengkap dengan kantung udara.

Valentino menambahkan bahwa jika dibandingkan dengan dekade 1990, maka kualitas helm hingga saat ini memang sudah jauh mengalami peningkatan. Tetapi dari segi lain seperti di sirkuit, keselamatan masih perlu ditingkatkan. Jadi saat sedang ada penambahan zona pengaman untuk area sirkuit  sebab hal ini dinilai sangat penting. Pembalap berkebangsaan Italia ini juga menyebutkan bodoh rasanya jika aspek keselamatan di sikuit khususnya zona pengaman tak ditingkatkan.

Jarak run-off area pun perlu diperhatikan dimana saat terjadi kecelakaan dalam lintasan balapan, maka jarak memadai lebih  berpeluang besar pembalap yang jatuh tidak terbentus dengan pembatas. Ini sangat penting diperhatikan demi keselamatan para pembalap. Sebab jika terjadi kecelakaan maka pembalap dengan bebas meluncur ke lintasan terpisah dari motor yang dikenakan. Jika area run-off dan gravel sangat kecil atau bahkan terlalu pendek dengan pembatas maka  risiko pembalap terbentur dengan area pembatas lebih tinggi. Jika hal ini terjadi maka cedera  yang akan dialami sangat parah.