Happy AIDS Day, Ini Hal yang Harus Dipahami

12

Setiap tanggal 1 Desember, hampir seluruh warga di berbagai negara memperingati sebagai Hari AIDS sedunia. Akun sosial media kini juga mulai membanjiri postingan peringatan hari AIDS sedunia yang biasanya ditandai dengan pita merah. Akun yang tak kalah ramai adalah Twitter, di Twitter tagar #WorldAIDSDay menjadi trending topik hari ini.

AIDS (Acquired Immunodeficiency Syndrome atau Acquired Immune Deficiency Syndrome) adalah sekumpulan gejala dan infeksi yang timbul karena rusaknya sistem kekebalan tubuh yang diakibatkan oleh virus HIV (Human Immunodeficiency Virus). Orang yang terkena virus ini biasanya akan menjadi rentan terhadap infeksi oportunistik ataupun mudah terkena tumor.

Beberapa pemberitaan terakhir di media massa disebutkan, bahwa penyakit AIDS dapat disembuhkan namun pernyataan belum bisa dikatakan valid, karena dari tim medis dan kesehatan sendiri sejauh ini masih mengupayakan hal tersebut dengan cara memperlambat laju perkembangan dari virus ini.

Virus HIV biasanya ditularkan melalui kontak langsung seperti aliran darah, cairan tubuh (darah, air mani, cairan vagina, cairan air susu ibu, dan beberapa cairan lainnya). Selain itu, penularan HIV bisa terjadi melalui hubungan intim, transfusi darah, jarum suntik yang sudah terkontaminasi, antara ibu dan anak selama kehamilan, bersalin, dan menyusui serta bentuk kontak lainnya.

Penyakit AIDS memang mengerikan bahkan membahayakan bagi orang telah divonis penyakit AIDS, namun dibalik itu semua tak ada seorang pun yang mau memiliki penyakit demikian. Beberapa pasien AIDS biasanya terkena penyakit tersebut akibat ditularkan oleh pasangannya. Tapi hal itu bukan jadi alasan untuk kita yang tidak tertular untuk memvonis mereka (pasien AIDS) sebagai makhluk yang hina atau yang kotor di mata kita.

Penyakit AIDS sendiri bisa dicegah dengan cara :

  • Menjaga kesehatan hubungan seksual bagi yang sudah menikah dan bagi kalian yang belum menikah jangan pernah coba-coba untuk melakukan seks bebas. 2. Besikaplah setia dengan pasanganmu yang sudah sah di mata hukum dan agama
  • Belajarlah tentang ilmu sistem reproduksi serta penyakit-penyakitnya, hal ini bertujuan untuk menambah pengetahuan
  • Ketika akan melakukan donor darah sebaiknya pastikan terlebih dahulu bahwa jarum suntik tersebut benar-benar steril
  • Lakukanlah hal positif dan bermanfaat untuk dirimu sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitarmu untuk menghindari beberapa pemikiran negatif

Dengan pencegahan sedini mungkin, sebenarnya penyakit AIDS dapat dihindari oleh siapapun dan dimana pun.