Hamilton Menjadi Juara di Sirkuit Hungaria

7
Hamilton Menjadi Juara di Sirkuit Hungaria

Lewis Hamilton, Pembalap Tim Mercedes AMG Petronas, mengaku sempat ragu untuk bisa menang di balapan Formula One (F1) Grand Prix (GP) Hungaria 2019. Hamilton merasa kesulitan untuk melewati pembalap Max Verstappen dari tim Red Bull Racin yang tampil apik sejak awal balapan.balapan yang digelar di sirkuit Hungaroring merupakan seri ke 13 F1 2019. Hamilton dan verstappen saling bersaing ketat di balapan tersebut. Verstappen yang mengawali balapan dari pole position dapat dengan mudah melesat mempin balapan secara konsisten.

Verstappen pun tersu dibuntuti oelh Hamilton. Sayangnya Hamilton tak punya cukup celah untuk mempin balapan tersebut. Hal inilah yang membuat Hamilton ragu untuk bisa merebut posisi pertama pada balapan tersebut. Di lain pihak, Hamilton mendapat dukungan besar dari tim Mercedes agar bisa meraih posisi pertama di F1 GP Hungaria 2019. Pada putaran ke 50, Hamilton masuk pit stop dan mendapat dukungan langsung yang diberikan oleh tim Mercedes. Hamilton pun langsung mengganti bannya dari hard ke medium.

Rencana tim Mercedes untuk Hamilton pun akhirnya membuahkan hasil dan bisa mendahului Verstappen di lap ke 67. Hamilton yang akhirnya mempin posisi pertama dan bisa dipertahankan sampai akhir atau finish. Hamilton pun mencetak waktu tercepat dengan catatan waktu 1 jam 35 menit 3,796 detik. Hamilton berujar bahawa dirinya dan timnya berjuang tanpa henti dan mengaku bahwa dirinya berusaha sekuat yang dia bisa untuk mendahului verstappen serta menurut Hamilton verstappen sangat sulit untuk didahului.

Hamilton jgua menambahkan bahwa dirinya tidak yakin apakah bisa menutup jarak 19 detik tetapi timnya terus mendukung dan memebri pertanyaan sehingga dia berusaha sekuat tenaga dan dirinya mengaku sudah pada ambang batas kemampuannya untuk mendahului Verstappen.

Dengan terjadinya senggolan antara kedua pembalap Hamilton dan Bottas di lap awal membuat pebalap Finlandia tersebut menjadi melebar. Akibat senggolan tersebut memudahkan pebalap lain menyalip dan membuat posisi pebalap Finlandia menjadi merosot. Balapan yang berlangsung dengan 70 lap tersebut membuat Hamilton tetap sabar sehingga dapat menyalip Verstappen. Hal tersebut terjadi pada lap ke 67 saat startegi dua pot stop membuat Hamilton berhasil meyalip Verstappen.

Hamilton  mampu mendahului verstappen dan verstappen pun tak mampu untuk mengejar Hamilton kembali, karena kekuatan ban softnya sudah berkurang. Hamilton pun mempin jalannya balapan dan menjadi pembalap pertama yang mampu mencapai garis finish dan diikuti oleh verstappen.

Verstappen yang gagal menduduki posisi pertama, tapi verstappen juga mendapat poin karena mencatat la tercepat. Sebastian vettel juga mampu naik podium pada balapan tersebut. Vettel mendahului rekan setimya yaitu Charles Leclerc. Vettel berselisih lebih dari satu menit dengean Hamilton. Leclerc pada posisi ke empat dan diikuti oleh Carloz Sainz di urutan kelima. Pada posisi selanjutnya secara berurutan Pierre Gasly, Kimi Raikkonen, Bottas, Lando Norris, dan Alexander Albon.

Hamilton kukuh pada puncak klasemen pembalap dengan meraih poin 250, setelah mendapat tambahan 25 poin. Kemudian diikuti oleh Bottas pada posisi memperoleh kedua 180 poin. Verstappen pada posisi ketiga dengan 181 poin dan vettel pada poisi keempat dengan meraih 156 poin lalu disusul oleh Leclerc memperoleh 132 poin.