H-1 Jelang Penutupan Ajang Asian Games 2018, Intip Sejauh Mana Persiapannya!

57

Besok tepatnya pada 2 September 2018, perhelatan pesta olahraga akbar akan segera ditutup. Acara penutupan itu akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK). Closing ceremony ini mengusung tema yang sederhana namun tetap menampilkan kesan dan kejutan-kejutan.

Wishnutama yang merupakan Direktur Kreatif Departemen Opening-Closing Asian Games 2018 pun mengatakan bahwa bahwa konsep dari acara penutupan yang akan diselenggarakan di GBK itu berbeda dengan acara pembukaan. Hal ini dikarenakan acara penutupan memiliki waktu yang sangat mepet, sehingga penutupan akan digelar secara sederhana. Tema acara penutupan ini seperti sebuah perayaan yang akan menunjukkan rasa terimakasih kepada para atlet yang sudah andil dalam Asian Games 2018.

Panggung Closing Ceremony Asian Games 2018 juga tidak dihias sebagaimana megahnya pada saat acara Opening Ceremony. Jumlah penarinya pun hanya akan menampilkan sebanyak 120 orang. Kejutan yang dimaksud adalah akan ada tontonan yang unik dan modern ketika pemadaman api pada Closing Ceremony Asian Games 2018.

Tema perayaan Closing Ceremony ini akan ditunjukkan dengan menampilkan musisi ternama dari negara Asia. Seperti Isyana Sarasvati, Lea Simanjuntak, Bams, Denada, Bunga Citra Lestari, Jevin Julian, J-Flo, Winky Wiryawan, dan Dira Sugandi. Tak hanya dari Indonesia, tetapi boyband asal Korea Selatan, Super Junior dan iKon pun akan hadir untuk memeriahkan acara penutupan Asian Games 2018. Selain itu Indonesia juga mengundang Siddharth Slathia dari negara India.

Tema besar yang diusung ketika penyerahan bendera dari tuan rumah Indonesia kepada tuan rumah berikutnya yaitu Tiongkok dengan menyuarakan “Energy of Asia”. Hal ini dilakukan agar nanti tuan rumah selanjutnya yang akan digelar di Hangzhou melanjutkan energi atau semangat dari bangsa Asia dalam menyambut Asian Games.

Di sisi lain, sektor keamanan untuk ajang Closing Ceremony sudah disiapkan. Pada kamis (30/08/2018) ketua INASGOC telah mengadakan rapat khusus dengan Kapolri Jenderal Polisi dan Panglima TNI Marsekal yakni Tito Karnavian, dan Hadi Tjahjanto. Acara ini akan megirimkan sebanyak 9.422 orang gabungan TNI-Polri yang akan ditugaskan untuk menjadi sektor keamanan GBK pada hari esok. Jadi, sudah bisa dipastikan acara ini aman.

Sementara itu tiket untuk Closing Asian Games sudah dijual dari hari Selasa (28/08/2018). Sebanyak 58 ribu tiket akan telah disediakan untuk acara penutupan ini. Jumlah ini juga diperuntukan untuk umum mengingat animo masyarakat sangat tinggi terhadap ajang Asian Games 2018 ini. Harga tiket dijual dengan harga 500 ribu sampai 2 juta rupiah. Tiket dijual di tiga website yakni Blibli.com, tiket.com, dan asiangames2018.loket.com. sementara itu tiket tidak dijual secara offline dikarenakan menghindari antrian yang panjang.

Hari ini sebelum jelang acara penutupan akan menjadi hari yang sangat sibuk bagi para pengisi acara yang akan terlibat. Segala persiapan akan dilakukan setelah semua pertandingan olahraga terbesar itu selesai. Wisnutama sang Direktur acara penutupan ini menjanjikan bahwa acara penutupan yang sederhana ini akan berjalan dengan baik meskipun persiapannya sangat mepet.

Seluruh pihak yang akan terlibat berusaha untuk memberikan yang terbaik pada ajang pesta olahraga akbar yakni Asian Games 2018. Acara ini akan disiarkan secara Live di SCTV, Indosiar, dan O Channel pada 2 September 2018 pukul 19.00.