Gunung Merapi Meletus Lagi, Bagaimana Nasib Para Pendaki?

90
merapi-meletus
Sumber gambar: news.detik.com

Hari ini (Jum’at, 11/5/2018) Gunung Merapi yang terletak di kabupaten Boyolali, Jawa Tengah kembali meletus dan mengeluarkan suara gemuruh disertai asap tebal. Letusan terjadi pagi tadi, sekitar pukul 7.30 WIB. Suara letusan bahkan sampai terdengar hingga radius 8-10 km dari puncak merapi.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho menghimbau agar warga yang berada dalam radius 5 km dari Gunung Merapi segera mengungsi. Sutopo juga menjelaskan bahwa jenis letusan yang terjadi adalah letusan freatik. Yaitu terjadi kontak antara massa air dengan panas di bawah kawah gunung Merapi, sehingga mengakibatkan dorongan tekanan uap air.

Sumber gambar: BMKG

Hingga saat ini kondisi Gunung Merapi dinyatakan masih tetap normal (Level I). BNPB akan terus memantau kondisi dan warga diharapkan untuk tetap tenang, karena letusan freatik tidak berbahaya dan dapat terjadi kapan saja pada gunung yang masih aktif. Sampai saat ini belum ditemukan korban jiwa, namun tercatat ada 120 orang yang melakukan pendakian di Gunung Merapi dan 50 diantaranya sudah berada di puncak Merapi.

Sudah ada beberapa pendaki yang turun setelah mendengar letusan. Bahkan beberapa diantaranya langsung lari meninggalkan pos basecamp tanpa mengambil KTP yang ditinggal di pintu masuk. Jumlah pendaki yang sudah turun memang belum bisa dipastikan, namun Pembina Barameru Merapi, Samsuri menyatakan Tim relawan Barameru akan naik ke puncak melakukan evakuasi dan penyisiran agar para pendaki segera turun.