GP Spanyol dan Belanda ditunda, GP Monaco Dibatalkan?

8

Barcelona, 20 Maret 2020 – Berdasarkan lansiran dari laman The Guardian, bahwa pertandingan balap F1 yang semula direncanakan di Barcelona, Spanyol  resmi ditunda. Hal ini diikuti oleh penundaan di Belanda dan juga Monaco. Keputusan ini diambil sebagai langkah preventif untuk menghindari penularan virus Covid-19, sebab di berbagai negara memang sedang darurat virus corona.

Deretan tiga balapan GP yang dijadwalkan akan berlangsung pada bulan Mei dipastikan mengalami penundaan. Sementara untuk balapan perdana pada musim ini kemungkinan akan dimulai pada tanggal 7 Juni 2020 di Azerbaijan. Sebelum jadwal GP Belanda, Spanyol dan Monaco ditunda, pihak Formula One Group telah membatalkan GP Australia, dan membatalkan GP Bahrain dan Vietnam.

Penyelenggara Formula One tentu akan mempertimbangkan keamanan dari pertandingan terhadap virus corona. Keamanan adalah hak yang dijadikan prioritas utama pada saat ini agar pencegahan virus corona bisa dilakukan dengan semaksimal mungkin.

Pihak penyelenggara terpaksa membatalkan beberapa pertandingan grand prix dan menunda beberapa yang lain karena serangan virus corona yang sangat mengkhawatirkan. Bahkan dikabarkan jika GP Monaco terancam dibatalkan karena virus tersebut telah menginfeksi Pangeran Albert II.

Hal ini menjadi pertimbangan F1 untuk menunda atau membatalkan GP Monaco. Penyelenggara masih mengkaji lagi keputusan terbaik untuk semua orang. Pihaknya tidak ingin pertandingan yang diharapkan akan berjalan dengan mulus dan dapat menghibur semua orang justru berakibat pada penyebaran virus yang tidak dapat diperkirakan.

Panitia menambahkan bahwa kesehatan dan keselamatan para staf selama perjalanan dan pertandingan merupakan prioritas utama yang wajib dijaga. FIA dan Formula One masih mendiskusikan dengan promotor dan pihak berwenang di daerah setempat untuk dapat mengambil langkah terbaik mengenai waktu yang potensial untuk setiap pertandingan grand prix di akhir tahun mendatang.

FIA memberi imbuhan bahwa dimulainya pertandingan pada musim ini harus dalam keadaan yang aman di berbagai negara terkait dan musim grand prix diperkirakan dimulai setelah bulan Mei. Selama itu pengurus akan memantau pergerakan virus Covid-19 yang sedang mewabah ini.

Para pendukung dan penggemar tidak perlu merisaukan penundaan GP ini. Semua warga di berbagai negara dihimbau untuk menjaga kebersihan dan kesehatan diri serta mengikuti instruksi pemerintah demi memulihkan negara dari virus corona. Upaya untuk memutuskan penyebaran virus ini sangat penting untuk dilakukan pada saat ini.

Penekanan terhadap virus ini agar tidak berkembang harus didukung oleh seluruh masyarakat secara kompak. Untuk kemudian berbagai ajang penghargaan dunia termasuk GP F1 pun dapat diselenggarakan tanpa hambatan serta tanpa adanya ketakutan akan virus mematikan Covid-19.