Ganda Putra Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik Harus Berpacu dengan Waktu untuk Kualifikasi Olimpiade 2020

10

Pelatih kepala ganda putra Malaysia Paulus Firman mengakui dia berlomba dengan waktu untuk menanamkan konsistensi dalam permainan pasangan ganda putra Malaysia, Aaron Chia-Soh Wooi Yik menjelang periode kualifikasi satu tahun Olimpiade Tokyo yang dimulai bulan depan.

Hanya beberapa minggu setelah finish runner-up brilian mereka di All-England, Aaron-Wooi Yik langsung runtuh pada putaran kedua dalam dua start baru-baru ini. Yaitu antara lain di turnamen Malaysia Open 2019, dan Singapura Open 2019.

Paulus percaya bahwa Aaron-Wooi Yik, yang juga semifinalis Masters Malaysia pada bulan Januari 2019 lalu, harus mengatasi ketidakkonsistenan mereka dengan cepat atau kalau tidak, mereka akan mengambil risiko merusak semua momentum yang mereka bangun dalam beberapa bulan terakhir.

“Setelah All-England 2019, harapan mereka untuk tampil baik di setiap turnamen sangatlah tinggi,” kata Paulus.

“Tidak hanya para penggemar bulutangkis, bahkan saya sendiri ingin mereka tetap menang dan terus meningkat.

“Tapi saya selalu mengatakan bahwa kompetisi ganda putra adalah sektor yang paling kompetitif, jadi pasang surut pasti terjadi untuk pasangan yang sedang naik daun seperti Aaron-Wooi Yik.

“Mereka tidak seperti Kevin-Gideon (No. 1 dunia Kevin Sanjaya Sukamuljo-Marcus Fernaldi Gideon dari Indonesia) dan Sonoda-Kamura (Keigo Jepang Sonoda-Takeshi Kamura, No. 3 dunia), yang dipersenjatai dengan cukup pengalaman untuk berurusan dengan semua situasi.

“Adalah tugas kita sebagai pelatih untuk membantu mereka mengidentifikasi masalah yang dihadapi oleh mereka dan menemukan solusi. Mereka telah bekerja keras untuk mencapai level ini dan sekarang mereka harus bekerja keras untuk mempertahankan konsistensi mereka.

“Tapi kita tidak bisa larut terlalu lama karena kualifikasi Olimpiade akan segera dimulai.”

Aaron-Wooi Yik dianggap sebagai pasangan yang paling berpotensi lolos ke Tokyo 2020 Games.

Mereka dan pasangan independen Goh V Shem-Tan Wee Kiong diharapkan untuk mengamankan representasi maksimum dua pasangan untuk Malaysia dalam acara ganda putra di Olimpiade. Tapi itu hanya akan terwujud jika kedua pasangan ini berada di peringkat delapan besar peringkat dunia ketika kampanye kualifikasi berakhir pada Mei tahun depan.