Gaji Tak Sesuai? Berikut 6 Tips Menolak Tawaran Kerja yang Tak Sesuai

15

Pekerjaan merupakan salah satu hal krusial dalam hidup. Betapa tidak, sebagian orang menggantungkan gengsinya dengan sebuah pekerjaan. Bahkan ada yang menganggap pekerjaan sebagai tempat berpijak dan senjata dalam menjalani kehidupan.

Meskipun demikian, sejatinya pekerjaan merupakan “alat” untuk menyambung hidup. Dengan adanya pekerjaan, seseorang akan lebih mudah dalam merancang kehidupannya ke depan. Salah satu hal terpenting dalam pekerjaan adalah nilai gaji. Tidak dapat dipungkiri bahwa nilai gaji adalah hal yang paling diperhatikan ketika mendapatkan tawaran pekerjaan.

Lantas, bagaimana jika tawaran pekerjaan tersebut tidak sesuai dengan ekspektasi gaji yang diinginkan? Adakah cara jitu yang dapat digunakan untuk menolak tawaran tersebut? Berikut adalah ulasannya.

1. Negosiasikan Persoalan Gaji Terlebih Dahulu

Mendapatkan tawaran pekerjaan adalah bagian dari hal yang menggembirakan. Namun, apa yang harus dilakukan ketika tawaran pekerjaan tersebut tidak memenuhi ekspektasi gaji seperti yang diharapkan? Caranya mudah saja yaitu dengan mencoba untuk melakukan negosiasi gaji.

Ya, Anda diperbolehkan untuk mengecek gaji terlebih dahulu lalu menetapkan anggaran Anda sendiri. Jika perusahaan yang memberikan tawaran tidak menyanggupi permintaan Anda, barulah Anda dapat mengambil langkah selanjutnya.

Bukan berarti mendapatkan tawaran pekerjaan serta merta menerima gaji yang diberikan, Anda juga memiliki hak untuk melakukan negosiasi terlebih dahulu terhadap gaji yang akan diberlakukan di kemudian hari.

2. Beri Jawaban Dengan Segera

Jika Anda sudah mendapatkan jawaban penolakan terhadap perundingan gaji, Anda dapat mengambil langkah selanjutnya dengan memberikan jawaban atas penawaran tersebut. Pergunakan bahasa dengan gaya bahasa se-positif mungkin agar perusahaan tersebut tidak merasakan kekecewaan.

3. Ada Baiknya Untuk Menyampaikan Penolakan Secara Langsung

Jika Anda merasa bahwa pekerjaan tersebut mengucurkan gaji dalam jumlah yang kecil, tolaklah secara halus dan upayakan untuk mengatakannya secara langsung. Adapun penggunaan media dalam penyampaian alasan tersebut hanya akan menciptakan suasana yang berbeda.

Anda juga harus memberikan jawaban penolakan sesegera mungkin. Jika tidak, hal tersebut akan memberi kesan bahwa Anda menyepelekan tawaran tersebut. Anda boleh menolak, namun lakukanlah penolakan dengan cara yang elegan.

4. Jangan Lupa Untuk Berterima Kasih Terlebih Dahulu

Ketika Anda harus menolak tawaran pekerjaan dikarenakan gaji yang tidak sesuai, jangan lupa untuk berterima kasih terlebih dahulu. Hal tersebut akan mencerminkan sikap berjiwa besar dan tidak mengabaikan orang lain. Hargai tawaran pekerjaan tersebut meskipun akhirnya Anda harus menolaknya.

5. “Perhalus” Alasan

Meskipun alasan penolakan sebenarnya adalah gaji yang tidak sesuai, upayakan untuk tidak mengatakan hal tersebut. Di sinilah Anda akan dituntut untuk “memperhalus” alasan yang sebenarnya agar tidak menyinggung si pemberi tawaran. Bahkan, jika dibutuhkan untuk mengakali alasan, utarakanlah alasan yang sangat masuk akal.

6. Tetap Tunjukkan Nilai Positif Seandainya Bekerja di Instansi Tersebut

Setelah Anda mengutarakan penolakan, jangan lupa untuk memberi gambaran bahwa Anda mengagumi pekerjaan di sana. Tunjukkan nilai positif yang akan Anda raih jika Anda menjalani pekerjaan tersebut.

Nah, itulah beberapa poin yang dapat dilakukan untuk menolak tawaran kerja karena gaji tidak sesuai. Seseorang yang menawarkan pekerjaan pada Anda bisa saja menganggap bahwa Anda adalah orang yang tepat untuk menjalani pekerjaan tersebut.

Namun, ada alasan yang membuat penawarannya memiliki nilai di luar ekspektasi sehingga Anda merasa tidak sesuai dengan gaji yang ditawarkan. Hal yang terpenting adalah jangan menjelek-jelekkan pekerjaan tersebut dan tolaklah secara halus. Upayakanlah agar si pemberi pekerjaan tidak merasa tersinggung ketika penawarannya ditolak.