FULL Isi Pidato Kemenangan Jokowi dan Ma’ruf Amin

25
pidato-kemenangan-jokowi

Jokowi menyampaikan pidato kemenangannya setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkannya sebagai pemenang pilpres 2019. Kemenangan ini disambut dengan semangat oleh Jokowi dan juga KH. Ma’ruf Amin. Dalam merayakan kemenangannya, Jokowi melakukan pidato kemenangan yang disampaikan di kampung Deret, Tanah Tinggi, Johar Baru, Jakarta Pusat. Dalam pidatonya, Jokowi mengucapkan terimakasih kepada seluruh rakyat yang telah ikut berdemokrasi pada tanggal 17 April 2019 lalu dan mengajak semua lapisan masyarakat untuk berdamai pasca pilpres 2019.

Kemudian dalam pidatonya, Jokowi juga mengatakan bahwa hasil dari pemilu merupakan makna yang hakiki dari rakyat yang berdaulat yang telah ikut berdemokrasi. Untuk itu beliau berjanji untuk menjadi pasangan presiden dan wakil presiden yang akan menganyomi rakyat Indonesia dengan baik setelah dilantik bulan Oktober mendatang.

Berikut isi pidato kemenangan Jokowi dan Ma’ruf Amin:

“Bismillahirrahmaanirrahiim. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Salam sejahtera, Om Swastiastu, Namo Buddhaya. Salam kebajikan.

Kita bangsa Indonesia patut berbangga, patut berbahagia, patut bersyukur bahwa kita telah terbukti menjadi bangsa yang dewasa. Dewasa dalam berdemokrasi, dewasa dalam berbangsa dan bernegara, dewasa dalam berideologi pancasila. Kita bersyukur dan berbangga bahwa di tengah keberagaman, kita telah dewasa dalam mengelola perbedaan dan dewasa dalam menjaga dan memperkokoh persatuan.

Bukti nyatanya adalah kedewasaan kita dalam berdemokrasi, kemampuan kita untuk menyelesaikan pemilu yang jujur dan adil serta pemilu yang penuh perdamaian dan kegembiraan. Pemilu demi pemilu telah kita lalui dengan penuh kedewasaan, pemilu yang sekarang ini saya yakin akan bisa kita lalui secara damai dan sesuai amanat konstitusi kita.

Alhamdulillah puji syukur kepada Allah SWT rekapitulasi nasional pemilu serentak 2019 pada dini hari rakyat Indonesia telah menentukan dalam pileg dan pilpres. Inilah makna hakiki dari rakyat yang berdaulat.

Saya dan Kiai Ma’ruf Amin mengucapkan terimakasih kepada seluruh rakyat Indonesia di manapun berada atas kepercayaan yang diberikan kepada kami. Kepercayaan dan amanah yang diberikan kepada kami tersebut akan kami wujudkan dalam program-program pembangunan yang adil dan merata untuk seluruh golongan dan lapisan masyarakat di seluruh pelosok Indonesia.

Setelah dilantik bulan Oktober nanti kami adalah presiden dan wakil presiden seluruh rakyat Indonesia, kami adalah pemimpin dan penganyom dari 100% rakyat Indonesia. Kami akan berjuang keras demi terwujudnya keadilan sosial bagi seluruh rakyat, bagi 100% rakyat Indonesia. Marilah kita bersatu padu membangun bangsa dan tanah air tercinta demi kedamaian dan kesejahteraan generasi kita serta generasi anak cucu kita di masa depan.

Terakhir, saya mengapresiasi setinggi-tingginya atas kinerja penyelenggara dan pengawas pemilu, kepada tokoh masyrakat dan juga peserta pemilu, kepada aparat keamanan serta semua pihak termasuk para saksi yang telah siang malam bekerja dengan tulus demi pemilu yang jujur dan adil.”

Selamat atas kemenangan pasangan Jokowi dan Kiai Ma’ruf Amin, semoga lima tahun ke depan nasib Indonesia menjadi lebih baik lagi dari lima tahun sebelumnya. Tak ada lagi rintihan rakyat yang mengeluh kelaparan dan kurangnya kesejahteraan rakyat.