Fakta-Fakta Menarik Tentang Birthstone Milikmu

23

Halo pembaca setia! Pernah dengar tidak tentang istilah “Birthstone”?

Birthstone itu adalah batu yang mewakili bulan kelahiran kita. Tiap bulan memiliki batu yang berbeda-beda tentunya. Setiap batu juga memiliki cerita & sejarah masing-masing yang unik.

Penasaran? Yuk kita lihat fakta-fakta menarik Birthstone dibawah ini.

  • January – Garnet

Batu Garnet menyimbolkan kedamaian, kemakmuran dan kesehatan. Batu Garnet dikenal mampu bertahan cukup lama. Batu ini umunya memang dikenal memiliki warna merah tetapi sebenarnya batu Garnet juga ada dalam warna lain

  • February – Amethyst

Batu Amethyst sering diasosiasikan dengan kedamaian, keberanian dan stabilitas. Pada zaman Yunani kuno batu ini dipercaya mencegah mabuk. Batu ini bias ditemukan di hamper seluruh bagian dunia.

  • March – Aquamarine & Bloodstone

Ada 2 batu yang mewakili bulan kelahiran di Maret. Meski bentukya cukup berbeda tetapi keduanya dipercaya mempertahankan dan memperkuat kesehatan. Selain itu dulunya batu Aquamarine dianggap sebagai jimat oleh para pelaut sedangkan Bloodstone dipakai untuk penyembuhan & ramalan.

  • April – Diamond

Salah satu batu terkuat di dunia, berlian. Berlian sering dipakai untuk pernikahan karena nilainya yang sangat tinggi. Berlian yang memiliki warna bahkan akan memiliki nilai jual yang lebih tinggi. Dulunya dipercaya Berlian memiliki kekuatan penyembuhan yang kuat.

  • May – Emerald

Batu Emerald melambangkan loyalitas,awal yang baru, perdamaian dan keamanan, sehingga tidak hanya indah untuk dipakai, tapi juga hadiah  berharga untuk Penerima.

Salah satu tokoh terkenal yang memakai batu emerald adalah Ratu Cleopatra, dia bahkan mengklaim seluruh Emerald di Mesir Kuno sebagai miliknya. Semakin gelap & hijau batunya semakin berharga batunya.

  • June – Pearl, Alexandrite & Moonstone

Salah satu dari  3 bulan yang memiliki 3 batu. Mutiara, Alexandrite dan Moonstone. Mutiara adalah satu-satunya batu berharga yang dibuat oleh makhluk hidup. Banyak pengantin perempuan yang memakai Mutiara di hari pernikahan karena melambangkan kemurnian dan kepolosan.

Sedangkan batu alexandrite sendiri berdasarkan ceritanya dinamai demikian karena ditemukan pada ulang tahun Alexander II di Rusia. Batu ini terbilang cukup langka karena pada cahaya yang berbeda dia dapat berubah warna.

Batunya sendiri sering diasosiasikan dengan konsentrasi dan pembelajaran sehingga dipercaya memperkuat intuisi dan memberi inspirasi. Moonstone sering diasosiasikan dengan bulan dan sihir. Dipercaya memiliki energi yang menenangkan serta selaras dengan alam.

Sering dipakai traveler sebgaai jumat perlindungan di malam hari dan dipercaya memiliki manfaat yang baik untuk menciptakan tidur yang nyenyak dan mimpi indah.

  • July – Ruby

Batu Rubi melambangkan gairah dan energi yang diasosiasikan dengan warna merah sehingga dipercaya membawa kesuksesan dan cinta. Dinilai tinggi di Asia dan diperdagangkan sudah cukup lama. Batu Rubi selalu melembangkan emosi yang kuat dan vitalitas sehingga dulunya sering dibawa ke medan perang.

  • August – Peridot, Sardonyx & Spinel

Banyak yang salah mengira Perdiot sama dengan Emerald karena warna mereka umumnya sama sama hijau. Namun, nilai peridot lebih kecil dibanding Emerald dan Peridot hanya ada dalam 1 warna.

Batu ini dipercaya oleh orang Hawai sebagai air mata Pele, Dewi Gunung Merapi. Batu Peridot dipercaya menjauhkan kita dari mimpi buruk serta kejahatan sehingga membawa kebahagiaan. 

Batu Sardonyx dipercaya memberi kekuatan dan perlindungan semenjak  dulu . sardonyx diasosiasikan dengan keberanian, kebahagiaan dan komunikasi yang jelas. Selama masa Renaissance  sardonyx sering dipakai pembicara publik dan orator untuk menjernihkan pikiran.

Spinel sering dikira Ruby atau Sapphire karena kemiripannya. Meski begitu di Asia Tenggara dulunya batu ini dianggap barang berharga oleh berbagai kerajaan dan didapat dari hasil perang. Warna batu Spinel yang paling dicari adalah merah terang.

  • September – Sapphire

Batu berharga yang satu ini melambangkan kebijaksanaan, loyalitas dan kebangsawanan. Sebenarnya batu ini tidak hanya berwarna biru saja, ada variasi warna lainnya juga (kecuali merah).

Permata ini menjadi lambang “Royal love” pada tahun 1981 ketika Pangeran Charles memberikan Putri Diana cincin pertunangan dengan Sapphire 12 karat. Cincin ini juga yang kemudian diberikan pangeran Wlliam kepada Catherine Middleton saat dilamar tahun 2010.

  • October – Opal & Tourmaline

Opal ditemukan di Australia tahun 1850. Opal mengandung air sehingga ketahanannya tidak terlalu tinggi. Opal dikenal membawa keberuntungan. Batu Tourmaline dikenal karena memiliki banyak varian warna. Dipercaya menghalau radiasi & kekhawatiran.

  • November – Topaz & Citrine

Kedua batu ini dikenal membawa kehangatan & rezeki kepada pemiliknya. Meski mirip kedua batu ini tidak memiliki hubungan. Topaz sering dikenal dengan warna kuningnya meski sebenarnya Topaz bias memiliki warna lain juga. Banyak kepercayaan yang mengganggap Topaz memiliki kegaiban dan bersifat menyembuhkan.

Citrine terkadang dikenal sebagai “healing quartz” karena kemampuannya memberi ketenangan dan rasa nyaman. Rakyat Mesir kuno memakai Citrine sebagai jimat, the ancient Greeks carved iconic images into them dan pendeta Roman menjadikannya cincin.

  • December – Tanzanite, Zircon & Turquoise

Tanzanite seperti namanya hanya ditemukan di Tazania. Batu yang lain memiliki sejarah yang Panjang sementara Tanzanite tergolong modern.

Zircon adalah mineral tertua di muka bumi. Semenjak abad pertengahan, orang percaya bahwa zircon membantu tidur  dan membawa kemakmuran.

Batu Turqouise dulu sering dipakai untuk menghias berbagai macam barang dari hiasan rumah sampai senjata. Disukai karena warna birunya yang unik.