Fakhri Muzaki: Inspirasi Generasi Muda Berkarya

53

Masih ingatkah kalian tentang animator bernama Fakhri? Ya, dia murid SMKN 1 Ciomas yang membuat animasi bak disney berjudul Lilly The Little Hope sebagai ujian akhirnya.

Pada hari Rabu (9/1) ini Fakhri diundang dalam acara CNBC Indonesia dengan tema: Menggali Potensi Industri Animasi. Dengan ditemani oleh Kepala Program Animasi SMKN 1 Ciomas, yaitu Januar Azhari, Fakhri menyampaikan proses dalam pembuatan animasinya Lilly The Little Hope tersebut.

Dari hasil wawancaranya di acara tersebut, Fakhri menyampaikan bahwa proses pembuatan animasi Lilly The Little Hope ini berlangsung selama lebih dari 7 bulan. Selama waktu tersebut, Fakhri mengerjakan animasi tersebut dengan teliti agar bisa menyajikan animasi yang bagus.

Proses pembuatan animasi Lilly The Little Hope ini secara visual dan dubbing telah siap dengan bantuan beberapa temannya, dan saat ini masih dalam tahap pembuatan musik. Dalam proses pembuatan musik untuk film tersebut, Fakhri dibantu oleh temannya dari kelas 11 yaitu Arifiyanto.

Menurut Januar, Fakhri ini termasuk siswa yang sangat antusias terhadap animasi. Semangatnya terhadap animasi ini bahkan sampai membuatnya meminta jam tambahan pada pihak sekolah agar bisa mengerjakan proyek animasi.

Beruntungnya, kepala sekolah memberikan keleluasaan waktu pada anak-anak yang bergairah dalam berkarya, mereka benar-benar difasilitasi baik dari segi peralatan maupun tempatnya.

Selain Fakhri tentunya masih banyak anak-anak yang memiliki potensi besar di bidang industri animasi. Terlebih banyak sekali SMK yang sudah memfasilitasi dan menyediakan jurusan animasi. Tentunya, dari sana akan lahir animator-animator yang akan memajukan industri animasi Indonesia.

Karya Fakhri ini bukan hanya mampu menjadikan cambuk motivasi bagi animator-animator muda Indonesia, melainkan juga membangkitkan semangat generasi muda Indonesia untuk tetap berkarya. Setidaknya dalam hidup ini tinggalkanlah 1 karya.

Berkarya untuk keabadian. Selain itu, dari cerita Fakhri tentang prosesnya selama ini, juga menjadikan generasi muda menyadari bahwa untuk meraih sesuatu yang maksimal pasti membutuhkan perjuangan yang ekstra juga.