Erick Thohir, Menteri BUMN Akan Lakukan Efisiensi Anggaran

18

Erick Thohir selaku Menteri BUMN atau Badan Usaha Milik Negara menyampaikan akan terapkan efisiensi anggaran. Salah satunya tidak melakukan banyak rapat dan rencana pembangunan gedung arsip yang berlangsung sejak era Rini Soemarno, eks menteri BUMN akan dialihkan.

Seperti yang disebutkan Erick Thohir di Balai Sarbini, Jakarta setelah berlangsungnya acara Milenial Fest 2019. Erick menyebutkan bagian mana yang dirasa kurang tepat akan dicoba perbaiki. Termasuk juga seperti rencana beli tanah sebelumnya atau pembangunan gedung arsip, Erick lebih setuju menggunakan icloud sebab saat ini era icloud. Jadi, tidak perlu menggunakan cara yang masif lagi ditambah mau ada perpindahan ibu kota baru.

Jika kembali ke masa lalu saat Rini Soemarno masih menjabat sebagai Menteri BUMN, diajukan pagu anggaran dana indikatif sebesar kurang lebih Rp 345 miliar pada tahun 2020. Dimana sebesar Rp 50 miliar akan dialokasikan untuk pembangunan gedung arsip dan assessment center juga melakukan renovasi gedung.

Sedangkan saat ini jika dilihat pendapat Erick, menurutnya sejumlah anggaran tersebut sebaiknya dimanfaatkan untuk melakukan renovasi gedung kementerian BUMN. Apalagi umur gedung yang sudah hampir 30 tahun, maka dana tersebut lebih bagus digunakan untuk dana renovasi.

Semua lantai akan dijadikan desain baru working space dengan  menampilkan sisi kreatif. Ditambah lagi ke masa depan, perlu berpikir untuk generasi muda yang akan menjabat dikementerian BUMN. Sehingga setelah direnovasi akan memberikan suasana baru yang berbeda dan lebih segar.

Rencananya Erick akan merekrut banyak pegawai generasi milenial untuk memangku jabatan kementerian BUMN. Selain itu, Erick Thohir mengkritik sebab saat ini banyak pimpinan dan pegawai yang ada dikementerian BUMN umurnya sudah lanjut usia mulai dari umur 65 sampai 70 tahun.

Erick Thohir juga ingin agar dana anggaran yang ada tersebut dimanfaatkan untuk biaya pelatihan yang akan diberikan pada calon pegawai milenial nantinya. Jadi, akan ada kursus singkat para pegawai BUMN.

Budget yang ada tersebut dimanfaatkan untuk meningkatkan dan mengembangkan skill para pegawai BUMN, bahkan dikementerian ini ada sebanyak 400 tim. Jadi, daripada selalu membuat rapat yang tidak terlalu penting lebih baik dana anggaran dimanfaatkan untuk mengembangkan dan meningkatkan kemampuan para pegawai.

Jika pegawai sudah memiliki kemampuan yang mumpuni, nanti manfaatnya juga akan dirasakan oleh kementerian BUMN sendiri juga berguna untuk kemajuan bangsa Indonesia.