#DirumahAja, Berikut Tips Mengelola Keuangan di Tengah Pandemi Covid-19

29

Dengan adanya pandemi virus Covid-19, banyak sektor yang mengalami ketidakstabilan, salah satunya adalah ketidakstabilan ekonomi.

Dampak Covid-19 banyak menghadirkan pengalihan kegiatan, aktivitas, hingga pemutusan hubungan kerja berbagai karyawan. Hal ini sudah pasti berdampak pula dengan masalah keuangan.

Oleh karena itu, kita harus memiliki pengelolaan uang yang tepat dan sistematis agar bisa tetap bertahan dan beradaptasi dengan keadaan.

Pendapatan yang dihasilkan ditengah pandemi seperti ini umumnya tidak stabil, oleh karena itu harus diatur seseimbang mungkin untuk memenuhi berbagai kebutuhan krusial dan keinginan.

Berikut ini beberapa tips mengelola keuangan ditengah pandemi virus Covid-19 yang bisa diterapkan. Simak selengkapnya dibawah ini ya.

  • Catat Rincian Pengeluaran Wajib


Hal pertama yang harus dilakukan saat mengatur keuangan di tengah pandemi adalah selalu mencatat rincian pengeluaran wajib. Mulai dari tagihan tersier seperti tagihan mobil, rumah, hingga listrik, pajak dan cicilan lainnya yang harus diperhatikan dan dibayarkan tepat waktu.

Dan, usahakan untuk tidak menunggak cicilan agar menghindari penumpukan pengeluaran di kemudian hari. Hal ini bisa dilakukan bila keadaaan keuangan yang masih mencukupi. Pengeluaran wajib seperti ini harus masuk kedalam presentase pengeluaran bulanan yang memang harus diperhatikan setiap bulannya.

  • Buat Daftar Belanja untuk Kebutuhan Utama Sehari – hari

Pengeluaran di masa pandemi bisa jadi lebih banyak dari biasanya. Hal ini dikarenakan adanya pengeluaran tambahan seperti untuk membeli sabun tangan, hand sanitizer, obat – obatan, hingga masker untuk mencegah penularan virus Covid-19.

Oleh karena itu, agar pengeluaran bisa terkontrol secara sistematis, harus dibuat daftar belanja kebutuhan utama untuk memenuhi kebutuhan hidup selama sebulan.

Tidak perlu melakukan panic buying untuk memenuhi kebutuhan hidup. Beli hanya berbagai kebutuhan yang memang diperlukan, dan mengikuti aturan pemerintah untuk #DirumahAja agar tidak merugikan orang lain.

Cerdas mengelola keuangan selama pandemi adalah hal krusial yang harus diperhatikan.

  • Tidak Terlalu Sering Membeli Makanan di Luar

Memang hal yang paling mudah dilakukan adalah dengan memesan makanan dari luar. Namun, apabila terlalu sering memesan makanan, pengeluaran di luar kebutuhan akan semakin tidak terkontrol dan menjadi pengeluaran tanpa batas, sekalipun mudah. Dan ini menaikan pengeluaran secara drastis.

Mulai belajar untuk membeli bahan – bahan pokok dan diolah menjadi makanan karena jumlahnya lebih banyak dibanding membeli dari luar.

Dan saat pandemi adalah saat yang tepat untuk beradaptasi dan belajar memasak dari rumah.

  • Hindari Banyak Belanja Via Daring

Dengan alokasi pengeluaran yang harus dimaksimalkan, hindari membeli barang – barang yang memang tidak terlalu penting fungsinya.

Hal ini juga bisa membuat kita belajar untuk memiliki gaya hidup sederhana dan mengatur finansial dan keuangan secara tepat.
Pandemi Covid-19 yang belum tentu sampai kapan terjadi ini akan selalu mempengaruhi kestabilan ekonomi.

Oleh karena itu, untuk mengantisipasi kesulitan ini, mulailah membagi antara keinginan dan kebutuhan. Penting untuk melakukan penghematan dan hindari berbelanja daring secara berlebihan.

  • Gunakan Dana Darurat

Selama pandemi Covid-19 ini, untuk menjaga ketidakstabilan ekonomi, bisa gunakan dana darurat bila sudah disimpan sejak lama. Dana darurat bisa diandalkan untuk membeli beberapa kebutuhan mendesak dan bila dana utama sudah habis.

Demikian beberapa tips mengelola keuangan di masa pandemi Covid-19. Semoga bermanfaat.