Di Hari Kemerdekaan Ke-73, Mantan Gubernur DKI Ahok atau BTP Mendapat Potongan Remisi 2 Bulan Masa Tahanan

86

Ahok-BTP

Jakarta, 17 Agustus 2018 – Bekas Gubernur DKI Jakarta Periode 2014 – 2017, Basuki Tjahja Purnama atau lebih akrab dipanggil Ahok mendapatkan remisi kemerdekaan pada 17 Agustus 2018 sebagai terpidana.

Ahok mendapatkan potongan dari remisi kemerdekaan Indonesia ke – 73 selama waktu 2 bulan dari masa tahanan. Tetapi demikian Ahok masih harus menjalani masa sisa hukuman walaupun sudah mendapat remisi.

“Benar (remisi), tapi belum bebas,” ujar Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Ade Kusmanto saat dikonfirmasi, Kamis (16/8/2018) malam, dikutip dari kompas.

Pada saat ulang tahun kemerdekaan ke-72 Indonesia kemarin, BTP atau Ahok belum dapat hadiah remisi karena masa tahanan yang masih kurang dari enam bulan. Untuk hari kemerdekaan ke-73 Indonesia saat ini, beliau mendapat pemotongan masa tahanan dua bulan, ungkap Ade.

Pemerintah dan Kementerian Hukum dan Ham memberikan keringanan atau remisi masa tahanan kepada kurang lebih 102.976 narapidana yang telah menjalani masa hukuman dengan berprilaku baik. Hal ini diberikan untuk merayakan kemerdekaan ke-73 tahun Republik Indonesia.

Remisi hari kemerdekaan ini diberikan pemerintah kepada narapindana yang sudah memenuhi persyaratan secara substantif dan administratif serta memiliki catatan berkelakuan baik juga aktif berkegiatan mengikuti pembinaan.

“Hadiah” Remisi kemerdekaan ini diharapkan bisa menjadi pemicu semangat nasionalisme dan menularkan rasa integritas selama menjalani masa tahanan bagi para narapidana.