Dewi Durga Dalam Agama Hindu

34

Dewi Durga – Dalam ajaran agama Hindu merupakan istri Dewa Siwa. Dalam ajaran agama Hindu Durga di lambangkan dengan seorang wanita dengan paras cantik, memiliki kulit warna kuning serta mengendarai seekor harimau.

Dewi Durga juga dikenal dengan seorang dewi yang memiliki tangan banyak kemudian dengan posisi mudra. Gerakan tangan melambangkan sakral bahkan sering juga dilakukan oleh pendeta agama Hindu.

Dewi Durga Seorang Dewi Penakluk Asura

Pada beberapa abad dahulu, dalam sejarah maupun ajaran agama Hindu. Pada saat itu merupakan masa dimana khayangan diserang oleh kelompok raksasa Asura. Yakni kelompok tersebut dipimpin oleh Mahesa sura yakni raksasa yang memilki kepala berbentuk banteng atau kerbau.

Pada saat itu semua dewata tidak mampu mengalahkan kelompok raksasa Asura. Kemudian dewa pada saat itu membuat keputusan untuk menghadap atau menemui Trimurti yang mana pada saat itu termasuk juga dewa.

Pada saat itu juga kekuatan semua dewa digabung sehingga menjadi Durga. Setelah melakukan penggabungan kekuatan dan melakukan perlawanan, Dewi Durga akhirnya mampu mengalahkan kekuatan dari Raksasa Asura.

Dewi Durga Dalam Agama Hindu

Dalam agama Hindu, Dewi Kali maupun Dewi Durga sebenarnya sama. Hanya saja yang membedakan dari kedua Dewi tersebut yakni pada saat melakukan peleburan. Kedua dari Dewi tersebut sering dikenal dengan sebutan Dewi Kali.

Makna Dari Dewi Durga Dalam Hindu

Secara keseluruhan ada makna yang tersirat dari nama Dewi Durga. Yang mana makna tersebut diambil ketika sedang menjalani pertempuran sampai mengalahkan sekelompok raksasa Asura. Makna tersebut diantaranya sebagai berikut ini:

  • Durga dengan makna: Dilambangkan sebagai Dewi yang mengalahkan Mahesasura. Maha Buas (Candika).
  • Durga juga Melambangkan sebagai seorang Dewi Perang.
  • Merupakan golongan Tridevi serta Matrika
  • Merupakan pasangan Siwa
  • Basis Operasi : Swargaloka maupun Setra Gandamayu
  • Wahana Singa, hewan Macan atau sering dikenal dengan Lembu Nandi
  • Memiliki senjata perang Kapak, tongkat, pedang, perisai, tongkat trisula, panah, memiliki gading. Secara umum semua jenis senjata perang yang digunakan oleh semua dewa pada abad sebelum sekarang.
  • Musuh yang dilawan oleh Dewi Durga yakni Mahesasura, Lembusura serta Raktabija sering dikenal juga (Kaali).

Secara keseluruhan Dewi Durga dikenal sebagai seorang dewi yang tak terkalahkan. Bahkan mewakili kekuasaan, kekuatan, mewakili moralitas bahkan sebagai dewi perlindungan. Dalam ajaran agama Hindu juga, bila memuja dewi Durga sama halnya meminta pertolongan agar tidak mengalami ancaman. Misalnya saja minta pertolongan untuk dilepaskan dari penyakit.

Disampaikan juga dalam ajaran agama Hindu, bila menyembah dewi Durga akan membuat semua umatnya dapat terlepas dari semua mala petaka yang ada di dunia.