Deretan 3 Motor Ini Dinilai Terkuat Sepanjang Sejarah MotoGP yang Berlangsung

9

MotoGP merupakan olahraga di bidang balap motor yang dinilai sulit untuk menandingi dan meraih gelar juara. Untuk itu, diperlukan skill pembalap dan performa motor yang memadai dalam menjalani balapan tersebut.

Sepanjang sejarah MotoGP ada beberapa motor yang dinilai paling terkuat, salah satunya adalah Yamaha dan Honda. Sepanjang sejarahnya ada beberapa motor yang menjadi raja pada ajang balap MotoGP. Ya, kedua perusahaan ternama ini turut berperan dalam daftar motor terkuat sepanjang sejarah.

Tidak hanya satu atau dua kali bahkan motor-motor ini mendominasi kejuaraan MotoGP pada masanya seakan tidak terkalahkan. Sehingga sepertinya kedua perusahaan ternama ini akan terus bersaing untuk terus menciptakan motor terkuat dalam ajang MotoGP.

Dalam ajang MotoGP ada tiga motor yang dinilai terkuat di sepanjang sejarah MotoGP, apa saja itu? Berikut penjelasannya.

1. Motor MV Agusta 500 Three

Motor MV Agusta 500 Three merupakan motor produksi pabrikan jepang yang dominan di ajang balap MotoGP. Motor ini masih memegang rekor sebagai motor yang tidak terkalahkan sehingga tidak heran jika Motor MV Agusta 500 Three ini menjadi juara dunia berturut-turut mulai 1958 hingga 1974.

Pembalap yang mengendarai motor MV Agusta 500 Three ini yakni Jogn Surtees dan Mike Hailwood dan keduanya merupakan pembalap asal Britania Raya. Sementara pembalap lain yang sudah memegang gelar juara dunia terbanyak adalah Giacomo Agostini dimana dirinya sudah menang selama tujuh tahun berturut-turut dengan mengendarai Motor MV Agusta 500 Three.

2. Motor Yamaha YZR-M1

Motor Yamaha YZR-M1 memang bukanlah motor pertama Yamaha yang mampu menjuarai dunia MotoGP. Akan tetapi, Motor Yamaha YZR-M1 ini menjadi raja motor Yamaha di ajang MotoGP sejak tahun 2004.

Terlebih setelah Valentino Rossi yang mengendarai motor Yamaha ini, Valentino Rossi berhasil membuat salah satu mesin terbaik di MotoGP yakni Motor YZR-M1. Keistimewaan motor ini adalah nyaman digunakan dimana banyak pembalap yang bisa tampil bagus menggunakan motor ini.

Kemudian setelah Valentino Rossi ada Jorge Lorenzo yang meraih tiga tittle kelas premier. Akan tetapi, sayang sekali motor Motor Yamaha YZR-M1 sedang mengalami masalah besar dalam dua musim MotoGP ini. Bahkan kini Yamaha sudah setahun lebih tidak berhasil meraih kemenangan.

3. Motor Honda RC213V

Motor Honda RC213V menjadi motor tercepat di MotoGP. Bisa dikatakan mesin ini menjadi mesin terbaik Honda setelah motor RC211V dan RC212V. Setelah mengalami kekalahan selama bertahun-tahun dari Yamaha, kini Honda mulai mengembangkan performa motornya hingga kini berhasil mendominasi MotoGP dalam enam musim terakhir ini.

Motor Honda RC213V dikendarai oleh pembalap fenomenal ulama Marc Marquez sehingga sampai saat ini Marc Marquez dan motornya tidak bisa disaingi dominasinya.