Delapan Turnamen BWF Digelar, Indonesia Berhasil Duduki Peringkat Ketiga

59

Mengawali April, sudah delapan turnamen Bulu Tangkis BWF World Tour 2019 digelar. Perhitungan negara mana yang menduduki peringkat atas perolehan gelar hingga akhir Maret 2019 membuat penggemar bulu tangkis Indonesia penasaran.

Bagaimana peringkat perolehan gelar BWF World Tour Turnamen Bulu Tangkis pada tahun 2019? Di lansir dari data yang diperoleh dari BWF, Negara China masih berada di posisi pertama yang meraih gelar terbanyak. China berhasil mendapat peringkat tertinggi setelah berhasil mengantongi delapan gelar.

Selanjutnya, Negara China masih dibayang – bayangi dengan perolehan gelar dari negara Jepang. Raihan negeri sakura tersebut hanya selisih satu angka dari China, yakni tujuh gelar.

Lalu dimanakah posisi Indonesia?

Para penepak bulu angsa masih mampu berada di posisi tiga teratas Daftar perolehan gelar terbanyak sepanjang turnamen berlangsung. Lebih lanjut, enam gelar yang diraih Indonesia terbagi menjadi tiga kategori turnamen. Enam gelar yang didapat tersebut antara lain :

  1. Satu Gelar World Tour Super 1000
  2. Tiga Gelar World Tour Super 500
  3. dua Gelar World Tour Super 300

Pada perhelatan India Open 2019, Pasangan Ganda Putri Indonesia berhasil menyumbangkan gelar juara yang keenam tahun ini bagi Indonesia. Dan jelas menjadi gelar ketiga Indonesia untuk kategori World Tour Super 500. Tidak hanya itu, Greysia / Apri berhasil mempertahankan gelar India Open mereka setelah sebelumnya berhasil menjuarai India Open 2018 lalu.

Turnamen ini berhadiah total USD350.000 dan digelontorkan untuk Greysia / Apri yang telah mengalahkan pasangan Malaysia atas nama Chow Mei Kuan/Lee Meng Yean, dengan dua game langsung, 21-11, 23-21.

Sebenarnya, Indonesia berhasil meloloskan tiga wakil di Final India Open 2019, yakni di sektor Ganda Putra, Ganda Putri, dan Ganda Campuran. Namun yang berhasil meraih juara hanya di sektor Ganda Putri.

Di sisi lain, dua gelar World Tour Super 500 lainnya disumbangkan oleh sektor Ganda Putra Indonesia, atas nama Marcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya Sukamuljo. Ganda Putra nomor satu dunia itu berhasil menjuarai dua turnamen yakni Malaysia Masters dan Indonesia Masters 2019.

Juara yang membuat kita bangga dan menitikkan air mata adalah raihan gelar yang disumbangkan oleh pasangan ganda putra Mohammad Ahsan / Hendra Setiawan di ajang turnamen tertua bulu tangkis, All England. All England adalah turnamen yang masuk dalam kategori World Tour Super 1000 yang berhadiah total USD 1.000.000.

Di kategori World Tour Super 300 berhasil disumbangkan oleh sektor tunggal putri dan Ganda Putra. Fitriani berhasil menjadi juara di ajang Thailand Masters 2019, dan medali emas sektor ganda putra di Swiss Open 2019 berhasil di segel Fajar Alfian dan Muhammad Rian Ardianto.

Dalam daftar perolehan gelar ini, setelah China, Jepang, dan Indonesia berhasil menduduki tiga teratas, ada pula Denmark dan Korea Selatan yang berhasil membawa lima gelar, diikuti Thailand dengan tiga gelar, serta Malaysia dan Taiwan, masing – masing mendapat dua gelar, dan terakhir, Singapura dan India mengantongi satu gelar.

Berikut daftar pesebaran para peraih medali Emas di ajang BWF World Tour 2019 :

Thailand Masters 8-13 Januari 2019
World Tour Super 300 hadiah USD 150.000

Tunggal Putri Fitriani (Indonesia) 
Ganda putra Goh V Shem/Tan Wee Kiong (Malaysia)
Tunggal Putra Loh Kean Yew (Singapura)
Ganda Putri Puttita Supajirakul/Sapsiree Taerattanachai (Thailand)
Ganda Campuran Chan Peng Soon/Goh Liu Ying (Malaysia)

Malaysia Masters 15-20 Januari
World Tour Super 500 Berhadiah USD350.000

Tunggal Putra Son Wan Ho (Korsel)
Ganda Putra Marcus Gideon/Kevin Sanjaya (Indonesia) 
Ganda Putri Yuki Fukushima/Sayaka Hirota (Jepang)

Tunggal Putri Ratchanok Intanon (Thailand)
Ganda Campuran Yuta Watanabe/Arisa Higashino (Jepang)

 

Indonesia Masters 22-27 Januari
World Tour Super 500 Berhadiah USD350.000

Tunggal Putra Anders Antonsen (Denmark)
Tunggal Putri Saina Nehwal (India)
Ganda Putra Marcus Gideon/Kevin Sanjaya (Indonesia) 
Ganda Putri Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi (Jepang)
Ganda Campuran Zheng Siwei/Huang Yaoqing (China)

Barcelona Masters 19-24 Februari
World Tour Super 300 Berhadiah USD150.000

Tunggal Putra Viktor Axelsen (Denmark)
Tunggal Putri Mia Blichfeldt (Denmark)
Ganda Putra Lee Yang/Wang Chi-Lin (Taiwan)
Ganda Putri Kim So Yeong/Kong Hee Yong (Korsel)
Ganda Campuran Seo Seung Jae/Chae YuJung (Korsel)

Jerman Open 26 Feb-3 Maret
World Tour Super 300 Berhadiah USD150.000

Tunggal Putra Kento Momota (Jepang)
Tunggal Putri Akane Yamaguchi (Jepang)
Ganda Putra Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe (Jepang)
Ganda Putri Du Yue/Li Yinhui (China)
Ganda Campuran Seo Seung Jae/Chang YuJung (Korsel)