Debat Capres 2019: Dedi-Dewi Jadi Trending Topic

10

Debat capres dan cawapres 2019 yang berlangsung pada hari Sabtu, 13 April 2019 di Hotel Sultan kemarin masih menyisakan banyak hal yang semakin hangat untuk dibahas. Debat terakhir yang membawa tema ekonomi dan kesejahteraan sosial, keuangan dan investasi, serta perdagangan dan industri tersebut menjadi salah satu debat yang cukup seru.

Salah satu hal yang masih dibahas para warganet adalah ‘dedi-dewi’. Apa itu ‘dedi-dewi’? Istilah yang disebutkan oleh capres dan cawapres nomor urut 02 ini menyisakan banyak tanda tanya. Bahkan ‘dedi-dewi’ menjadi trending topic pada malam itu hingga kini.

Ternyata istilah ‘dedi-dewi’ yang diucapkan oleh Ma’ruf Amin adalah salah satu solusi dari visi misi dari capres cawapres nomor urut 02 tersebut dalam menyelesaikan masalah ekonomi. Menurutnya, ekonomi Indonesia akan dapat dikembangkan melalui pembangunan ‘dedi’ atau desa digital dan ‘dewi’ atau desa wisata yang akan mengangkat perekonomiaan di pedesaan.

Beliau juga mengatakan bahwa upaya ini akan terus dibangun dan dikembangkan ke desa-desa yang akan menciptakan nama dewi-dewi, dedi-dedi, desa wisata dan desa digital. Hal ini dilakukan agar perempuan juga bisa ikut berpartisipasi dalam pemerintahan. Dalam pemberdayaan ekonomi, Ma’ruf Amin juga mengatakan bahwa beliau telah melakukan usaha mikro dan bank wakaf mikro yang ada di pesantren. Kedua usaha ini seluruh anggotanya 100 persen adalah perempuan.

Ada juga istilah ‘halal park’ yang dijawab Jokowi-Ma’ruf Amin saat ditanya mengenai strategi untuk mengembangkan potensi sektor keuangan syariah dan menjadi pemain ekonomi syariah global. Namun sayangnya, banyak netizen yang tidak terlalu mengamini program halal park ini.

Salah satu hal yang sangat menarik selain istilah ‘dedi-dewi’ adalah istilah Mobile Legends yang disebutkan oleh Jokowi. Hal ini ditanyakan Jokowi kepada Prabowo mengenai strateginya dalam mengedepankan unicorn di Indonesia. Namun pemilihan Mobile Legends dalam debat membuat banyak netizen yang menjadikan topik ini menjadi topik terhangat untuk dibahas.

Netizen pun ikut mempertanyakan mengenai pernyataan Prabowo tentang ingin mencontoh Tiongkok. Netizen mempertanyakan mengenai sikap ‘anti komunis’ yang selama ini ia tunjukkan. Namun pihak BPN menjelaskan bahwa yang dimaksud oleh Prabowo adalah keberanian Tiongkok dalam membela rakyat kecil, terutama para petani dan buruh.

Meskipun panas, namun di akhir debat kedua capres dan cawapres tampak sangat akur dan saling berjabat tangan sebagai tanda persahabatan.