CPNS 2019, Masuk List Resolusi Kamu? Lakukan Hal-hal Berikut Agar Kamu Lulus!

133

Tahun 2018 akan segera berakhir. Bagi kamu para pejuang NIP, tahun ini menjadi tahun yang spesial karena kamu telah berjuang untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil. Jika kamu mengalami kegagalan di tahun ini, tentu kamu sedih, kecewa, dan mungkin marah. Namun terlepas dari kekecewaanmu, kamu harus segera bangkit untuk menghadapi seleksi CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) di tahun 2019 nanti.

Pemerintah telah mengeluarkan statement bahwa pada awal tahun 2019 nanti, tepatnya pada bulan Januari akan dilaksanakan program Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). PPPK ini sudah tertera dalam Peraturan Pemerintah Nomor 49 Tahun 2018. PPPK akan dilaksanakan dua kali, yaitu pada awal tahun 2019 dan setelah pemilu. Lalu, setelah dua kali pelaksanaan PPPK, pemerintah akan membuka kembali seleksi CPNS 2019.

Baik PPPK atau CPNS 2019 outputnya akan sama-sama menghasilkan ASN, perbedaannya hanya PPPK tidak mendapat uang jaminan masa tua atau pensiun.

Jika kamu menginginkan menjadi seorang ASN di tahun 2019 dan keinginan itu sudah masuk dalam list resolusi tahun 2019 ala kamu, ikuti hal-hal berikut:

  • Berdoa

Doa menjadi pembahasan utama dalam persoalan ini. Mengapa? Karena doa adalah kekuatan besar. Kamu harus mengakuinya. Seleksi CPNS adalah seleksi murni yang mengandalkan kemampuanmu. Hanya kemampuanmu. Yaa, karena uang tidak dapat menolongmu.

Berdoalah. Minta yang terbaik pada Yang Maha Kuasa. Percayakan semuanya pada Tuhan. Karena jika kamu hanya berusaha tanpa berdoa, maka usahamu itu akan sia-sia. Doa mujarab juga bisa kamu dapatkan dari restu kedua orang tuamu. Mereka akan selalu mendoakanmu. Dan ingat bahwa restu Allah tergantung restu orang tuamu.

  • Berusaha

Jika sudah bahkan terus berdoa tetapi kamu tidak berusaha, maka kamu tidak menggenapkan doamu. Oleh karena itu, doa harus di imbangi dengan usaha. Usaha bagaimana yang harus kamu lakukan? Tentu kamu harus belajar dengan sungguh-sungguh karena kamu akan menghadapi soal-soal yang sebenarnya telah kamu pelajari sejak pertama kamu menjajali dunia sekolah. Namun bisa jadi kamu akan lupa.

Untuk mengingatnya, kamu harus banyak belajar latihan soal. Ada tiga jenis soal yang harus kamu lahap habis, yaitu soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Percayalah, tidak ada kesuksesan yang dibentuk dengan cara instan. Kamu harus belajar untuk mencapai kesuksesanmu, yaitu lulus.

  • Siapkan Persyaratan

Persyaratan menjadi hal yang penting dalam seleksi CPNS. Untuk melengkapi persyaratanmu, kamu harus rajin mencari info mengenai apa saja persyaratan instansi yang akan kamu lamar. Jika sudah dapat info, segera lengkapi persyaratanmu.

Semoga berhasil!