Cobain Yuk! 6 Fitur Whatsapp yang Tidak Diketahui Orang Banyak Ini

21

Sosial media yang satu ini seperti lagi daun nampaknya. Karena hampir seluruh pengguna smartphone pasti punya aplikasi ini. Dan memang memiliki manfaat yang sangat besar bagi kegiatan komunikasi sehari-hari. Berbagai fitur menarik ada disini. Tapi, sepertinya tidak semua orang tahu fitur-fitur menarik itu. Yuk kita bahas, fitur menarik dari WhatsApp yang tidak diketahui banyak orang.

1. Pemberitahuan Khusus

Ketika ada hal penting dari orang yang sangat kita tunggu-tunggu, kita bisa memanfaatkan fitur pemberitahuan khusus pada obrolan kita. Caranya dengan:

Buka obrolan­čí¬ketuk pada nama kontak mereka dibagian atas­čí¬pilih pemberitahuan khusus. Dengan begitu whatsapp akan memberikan tanda berbeda ketika ada pesan dari orang yang kita tunggu.

2. Ekspor Percakapan ke Email

Kalau kita merasa salah satu percakapan di whatsapp kita ada yang penting, tidak usah bingung karena kita bisa memback up percakapan itu ke email langsung loh. Caranya dengan:

Buka obrolan­čí¬ketuk menu titik tiga di pojok kanan atas­čí¬pilih lainnya­čí¬pilih ekspor chat­čí¬lalu pilih email. Dengan begitu kita tidak perlu khawatir ketika tidak sengaja semua chat di whatsapp terhapus, kan punya back-upannya.

3. Mengaktifkan WhatsApp Pada Komputer

Sebagian orang mungkin sudah tidak asing lagi dengan fitur ini. Tapi, tak jarang juga yang belum tahu loh. Kita bisa membuka akun WhatsApp kita di laptop atau Pc sehingga lebih memudahkan kita karena tampilannya yang lebih besar dibanding smartphone. Caranya dengan :

Pada android:

Ketuk opsi di pojok kanan atas­čí¬lalu pilih WhatsApp web­čí¬kemudian kita akan diminta untuk scan barcode

Pada Laptop:

Ketik di pencarian web ÔÇťWhatsApp webÔÇŁ­čí¬lalu terdapat sebuah barcode­čí¬scan dengan android­čí¬akan terbuka tampilan WhatssApp pada android kita namun versi web.

4. Menandai Pesan Penting

Ketika mendapat pesan yang berisi informasi penting kita bisa memberi tanda pesan tersebut agar disaat kita membutuhkannya kembali, kita tidak perlu repot-repot scroll up dan scroll down. Caranya dengan:

Sentuh dan tahan salah satu pesan yang ingin ditandai­čí¬pilih tanda bintang yang berada di paling atas tepat di samping ikon delete.

Dengan begitu kita tidak perlu khawatir bila pesan penting kita tertumpuk chat-chat baru. Tinggal buka di opsi bagian pojok kanan atas­čí¬ lalu pilih pesan berbintang. Disitu akan muncul pesan-pesan yang telah diberi tanda bintang.

5. Mute Percakapan

Mute percakapan bisa digunakan untuk membungkam notifikasi chat dari pesan yang kita mute. Entah karena kita merasa terganggu atau tidak ingin diganggu, intinya kita akan aman dari notif chat orang/grup itu. Caranya dengan:

Ketuk dan tahan orang/grup yang chat nya akan di mute­čí¬pilih ikon dengan gambar speaker silang di bagian paling atas WhatsApp.

6. Mention Teman Di Grup

Ketika berkomunikasi di grup WhatsApp dan ingin memanggil teman yang kita tuju, kita bisa menggunakan fitur mention ini. Caranya dengan :

Ketik @ pada text box pesan di grup­čí¬tambahkan nama kontak teman yang ingin kita mention, misalnya @doripos­čí¬kirim pesan.

Dengan cara itu teman yang kita mention bisa tahu bahwa kita me-mention dia ketika dia membuka grup.

Nah itu tadi fitur bawaan yang belum banyak orang tahu. Tanpa bantuan aplikasi lain kalian bisa memanfaatkan fitur WhatsApp tersebut. Selamat mencoba guys!