7 Ciri Bola Basket yang Bagus untuk Dibeli, Pahami Dulu..!

649

Bola basket tentu adalah elemen paling penting dalam olahraga basket. Permainan basket yang bagus dapat ditentukan dari bola basket tersebut.

Sebelum membeli bola basket, penting untuk mengetahui bola basket seperti apakah yang bagus. Oleh karena itulah, ketika akan membeli bola basket perlu memahami dan memperhatikan beberapa faktor.

Berikut adalah ciri-ciri bola basket yang bagus untuk dibeli :

1. Bahan Bola Basket

Bahan dari bola basket berpengaruh dalam permainan, kemudian pilih yang sesuai dengan lapangan indoor atau outdoor

Sumber Referensi : ganlob, asports.id
Sumber Gambar : ganlob

Bahan dari bola basket merupakan salah satu faktor penting yang harus diperhatikan ketika akan membeli bola basket. Kemudian, ketahanan bola basket berdasarkan bahannya juga dipengaruhi akan digunakan di mana, misalnya dalam permainan bola basket indoor atau outdoor.

Beberapa bahan dari bola basket yaitu, full leather, PU leather, dan PVC atau Polivinil Klorida. Bahan-bahan tersebut memiliki keunggulannya masing-masing tergantung penggunaan.

2. Pantulan Bola

Faktor pantulan bola akan berpengaruh pada saat dribble
Sumber Gambar : quora

Jarak dari pantulan bola basket juga perlu diketahui terlebih dahulu sebelum memutuskan membeli bola basket. Tentu saja bola basket yang bagus yang memantul dengan baik ketika digunakan sehingga memaksimalkan permainan basket.

3. Ukuran bola basket

Panduan ukuran bola basket
Sumber Gambar : basketballmanitoba.com

Performa dalam permainan basket juga ditentukan dari ukuran bola basket yang dipakai karena mempengaruhi kenyamanan dalam penggunaannya. Diameter dari bola basket penting untuk diperhatikan bila ingin membeli bola basket sehingga sesuai dengan kebutuhan.

Ukuran yang ada dalam bola basket yakni, ukuran bola 5, ukuran bola 6, dan ukuran bola 7.

4. Brand Ternama

Beberapa contoh bola basket dari brand terkenal
Sumber Gambar : tokopedia

Tak dipungkiri bahwa harga menentukan kualitas. Bola basket yang dikeluarkan oleh brand-brand ternama yang memiliki spesialisasi pembuatan bola basket untuk pertandingan resmi jelas dalam hal kualitas dan bagus untuk digunakan. Memang sebagian orang enggan dan berpikir terlebih dahulu karena harganya yang cukup menguras dompet.

Namun demikian, tidak ada salahnya menabung untuk membeli bola basket dari keluaran brand populer seperti Spalding dan Molten bila ingin merasakan bermain basket layaknya pemain profesional.

5. Grip

Grip bagus pada bola basket akan nyaman saat digenggam
Sumber Gambar : stack.com

Grip pada bola basket juga salah satu faktor yang tidak boleh dilewatkan. Genggaman yang enak dan lengket pada bola akan mempengaruhi kenyamanan dan bagusnya bermain basket.

6. Toko Olahraga Resmi

Usahakan selalu membeli di toko resmi yang menjual barang original
Sumber Gambar : hoopsfix.com

Membeli bola basket langsung dari toko olahraga yang resmi dan terpecaya dapat menghindarkan kalian dari penipuan. Sudah menjadi rahasia umum kalau banyak beredar bola basket dengan brand ternama akan tetapi kw atau palsu. Pastikan selalu membeli produk yang original.

Untuk mendapatkan kepuasan serta kenyamanan dalam bermain basket, tentu bola basket yang bagus dan berkualitas sangat mendukung hal tersebut. Oleh karena itu, harganya yang memang tergolong mahal nantinya akan sebanding ketika sudah merasakan bermain basket dengan bola basket yang terbaik.

7. Kondisi Bola

Selalu cermat melihat kondisi bola basket sebelum dibeli
Sumber Gambar : kampoengilmu.com

Ketika kalian memutuskan pilihan pada bola basket yang akan dibeli di toko olahraga, pastikan kembali kondisi bola tersebut sebelum membayarnya di kasir. Meskipun tampak baru dan bagus, hal itu tidak menutup kemungkinan masih ada kerusakan di faktor lainnya. Tidak ada ruginya menjadi lebih cermat sebelum membawa pulang bola basket tersebut.

Itulah ciri-ciri bola basket yang bagus untuk dibeli. Kualitas bola basket yang digunakan berbanding lurus dengan permainan basket sehingga memperhatikan bola basket mana yang bagus untuk dibeli adalah hal yang penting, lho!