Ciptakan Cerita Indah Dibalik Perpisahan

33

Tidak ada satu insan pun yang bahagia dengan perpisahan, andai kita bertanya kepada seluruh penduduk bumi mungkin mereka akan setuju bahwa perpisahan itu sesungguhnya menyakitkan. Namun, rasa sakit itu bisa kita ubah menjadi sesuatu yang indah apabila kita ikhlas melepas seseorang yang memang tidak ditakdirkan untuk bersama kita.

Setelah perpisahan akan menyisakan ruang-ruang yang kosong kemudian akan sesak seketika dipenuhi rindu yang mengalir. Ketika kau tak lagi menjadi prioritasnya, dan bukanlah lagi dramaga yang akan disinggahinya bahkan bukan lagi jalan yang selalu dia lalui. Kemudian, rindu itu hanya akan terhenti sampai ruang yang terkunci.

Kita tidak bisa menahan air hujan untuk tetap tinggal diatas awan, memaksa daun untuk tetap menempel pada pohon. Pada waktunya hujan akan turun dengan sendirinya. kemudian angin pun akan menjatuhkan daun tanpa harus bertanya tempat baru manakah yang ingin daun singgahi.

Sekeras apapun kita menggenggam orang yang kita sayang, namun apabila pada waktunya dia ingin pergi dengan alasan apapun tugas kita hanyalah satu melepaskannya dengan senyuman. Ya, melepaskan tidaklah harus melupakan. Biarkan semua kenangan itu hidup dalam ingatanmu sebagai sebuah cerita yang indah.

Kenanglah bahwa kau pernah menelusuri jalan bersama, mengunjungi berbagai tempat bersama. Kemudian tersenyumlah dan katakan aku pernah bahagia dengan dia lalu aku harus berpisah dengan dia agar aku merasakan hal baru yang lebih bahagia dengan orang yang lebih baik.

Suatu hari nanti yang kini kau ingat hanya akan menjadi masa lalu. Cerita yang merusak kewarasanmu ketika kau memaksa untuk melupakannya sedangkan jelas kau bukanlah orang yang sedang mengidap amnesia. Kelak akan menjadi sebuah kisah yang akan kau ceritakan kepada pasangan mu bahkan anak serta cucumu.

Jika hari ini air mata menetes kepipimu, dimasa depan nanti lingkar merah akan mewarnai pipimu sambil tersipu penuh tawa kau bercerita dengan bahagia. Berbicara cinta bukan tentang siapa yang membuat hidupmu bahagia.

Namun, tentang siapa yang mampu melengkapi segala kekuranganmu. Pahami arti perpisahan jangan biarkan jiwa dan ragamu tenggelam dalam kesedihan karena pintu kebahagiaan yang sesungguhnya sedang menunggu untuk kau buka.