Chen Long Raih Kemenangan di BWF World Tour Finals 2019

11

Guangzhou, 12 desember 2019, pemain tunggal putra China bernama Chen Long berhasil merebut kemenangan melalui penampilannya di laga perdana ajang BWF World Tour Finals 2019. Selama tiga gim pertandingan, Chen Long melawan Viktor Axelsen sebagai perwakilan dari Denmark, dengan skor 21-17, 10-21 dan 21-17.

Sejak berlangsungnya gim pertama kedua pemain ini memberikan penampilan terbaik bahkan langsung agresif. Namun, di bagian awal ini sebagai wakil tuan  rumah, Chen Long berhasil di gim pertama dengan mencetak skor 21-17. Sedangkan saat bertanding di gim kedua, permainan kemudian dikendalikan oleh Axelsen.

Hal ini tak membuat Chen Long menyerah malah membuat dia termotivasi lebih tinggi untuk merebut skor. Meskipun sudah kalah di gim kedua dimana skor yang dicetak Chen Long cuma 10 skor sedangkan Axelsen 21 skor dan bahkan sudah dipaksa untuk menyerah. Namun dengan usahanya, Chen Long kemudian merebut kembali hingga memperoleh skor 21-17 di gim ketiga. Sebagai gim terakhir, maka pemenangnya dalam laga perdana ini diambil oleh Chen Long.

Setelah pertandingan berakhir, pengakuan Chen Long bahwa selama bertanding dia berjuang keras agar bisa menyesuaikan diri dengan kondisi lapangan. Tentu saja, hal ini tak semudah yang dilihat penonton.

Seperti yang disebutkan Chen Long pada Kamis, 12 Desember 2019, dia sendiri berjuang keras selama masa-masa kritis tersebut. Namun selalu saat dia akan menyamai skor, Chen Long membuat kesalahan. Chen Long juga mengakui bahwa kesalahan seperti yang terjadi pada pertandingan ini tak pernah dilakukan sebelumnya. Menurut Chen Long, kejadian ini mungkin disebabkan arah angin yang berubah dengan  hembusan yang kuat sehingga bola tak bisa dikendalikan

Bagi Chen Long, ini grup yang tangguh namun dia masih punya kesempatan besok. Chen Long berfikir antara dia dengan Axelsen masih mempunyai kesempatan yang sama sehingga dia akan mencoba melakukan yang terbaik.

Selain grup A, juga ada grup B  ada Anthony Sinisuka Ginting, pemain tunggal putra Indonesia melawan Chou Tien Chen perwakilan Taiwan. Namun Anthony tidak berhasil meraih kemenangan di laga perdana ini. Permainan yang ketat, Anthony kalah dalam tiga gim dengan skor 11-21, 21-15 dan 25-23. Namun, tetap saja Anthony memiliki kesempatan untuk lanjut ke babak berikutnya tetapi harus bisa menang di laga berikutnya.