Cara Unik Mengajarkan Si Kecil Untuk Cuci Tangan Sejak Dini

50
mengajari anak untuk membiasakan untuk mencuci tangan (SolusiSehatku.com)

Salah satu kewajiban seorang ibu terhadap anak anaknnya yaitu mengajarkan tata krama dan kebersihan diri. Salah satu kewajiban yang sangat penting karena dilakukan setiap hari yaitu mengajarkan anak untuk mencuci tangan.

Terlebih lagi anak-anak sangat suka bermain sambil kotor-kotoran, anak terkadang banak menyentuh berbagai macam benda yagn mungkin saja memiliki banyak kuman yang tertempel di benda tersebut. Kemudian setelah itu, tanpa disadari mereka sering dengan langsungya menyentuh makanan tanpa mencuci tangan.

Oleh karena itu, peran orang tua dalam kondisi seperti ini sangat vital peranan orang tua untuk mengajarkan anak-anaknya membiasakan untuk mencuci tangan setelah bermain.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan yang ditimbulkan oleh bakteri karena tidak mencuci tangan, maka inilah cara yang harus dilakukan bagi anda Ibu yang sedang memiliki anak, sebagai berikut :

  1. Membuat Cerita Unik

Menceritakan hal-hal yang akan terjadi pada anak apabila mereka enggan untuk mencuci tangan. Menceritakan kejadian dapat berupa melalui media bergambar atau juga mediia buku, dan jika anak telah mengetahui kejadian tersebut maka anak akan terus mengingat cerita tersebut dan akan membiasakan diri untuk mencuci tangan.

Dengan cerita unik maka anak akan tertarik untuk mencuci tangan karena akan mendenganrkan cerita menarik lainnya.

  1. Gunakan Sabun Cuci Tangan yang Unik dan Lucu 

Memilih sabun cuci tangan yang yang memiliki bentuk yang unik sesuai dengan karakter karakter pilihannya dan memiliki aroma yang wangi dan disukai oleh anak. Biasanya memilih aroma sabun seuai dengan aroma buah-buahan sehingga anak tertarik untuk selalu mencuci tangan.

Dan anak menjadi penurut pada saat disuruh untuk  mencuci tangan. Dengan bentuk  dan aroma yang disukai oleh anak maka anak akan tersugesti untuk mencuci tangan nya karena ingin merasakan aroma dari sabun cuci tangan tersebut dan akhirnya dapat menjadi kebiasaan.

  1. Wastafel yang Mudah Dijangkau

Menggunakan wastafel yang mudah dijangkau dapat mempermudah anak-anak dalam mencuci tangan. Dengan menyimpan wastafel di tempat tinggi maka anak akan kesulitan untuk menjangkau wastafel tersebut.

Dan jika wastafel sudah terlanjur tinggi maka sediakanlah tempat pijakan bagi anak untuk menjangkau wastafel tersebut, namun pastikan wastafel tersebut tidak licin.

  1. Mengajak Anak Mencuci Tangan Sambil Bernyanyi

Salah satu cara yang di gunakan untuk mengajari anak untuk membiasakan mencuci tangan yakni mengajarinya dengan mencuci tangan sambil bernyanyi. Terlebih jika anak anda sangat suka bernyanyi maka anda sangat mudah untuk mengajaknya untuk mencuci tangan sambil bernyanyi.

Cara ini juga efektif untuk mengajarkan anak untuk mencuci tangan agar tak buru buru, karena dengan bernyanyi anda bisa mengikut ritme nyanyian dengan mencuci tangan. Dan jangan lupa untuk mengajari anak untuk mencuci dan menggosok sela sela jari dan kuku pada anak.

  1. Menggunakan Lap Tangan Yang Bersih

Dengan menggunakan lap tangan yang bersih akan menghindari anak untuk mengelap bekas cucian tangan pada bajunya.

Dengan mengguanakan lap tangan yang kotor dapat membuat anak menjadi enggan untuk mencuci tangan karena harus di lap pada kain  yang kotor dan meiliki bentuk yang kusam dan membuat anak menjadi lebih tidak nyaman untnuk menggunakannya.

  1. Tetap Ingatkan Anak

Salah satu komponen penting dalam membina anak dalam membentuk kebiasaan anak untuk mencuci tangan yakni tetap mengingatkan anak untuk tetap mencuci tangan saat anak hendak makan atau pun setelah melakukan buang air besar maupun buang air kecil.

Jika sudah terbiasa maka tanpa megingatkan pun anak menjadi otomatis untuk mencuci tangannya dalam melaksanakan hal diatas.

Inilah cara unik yang harus dilakukan oleh sorang ibu agar membiasakan anaknya untuk mencuci tangan dengan cara yang unik dan seru, tentunya tak membuat sang buah hati menjadi malas untuk mencuci tangannya.

Memang butuh waktu yang tak singkat namun jika dilakukan penuh dengan keikhlasan maka dapat menghasilkan hasil yang memuaskan. Jadi, janganlah mudah menyerah untnuk mengajari anak-anak untuk membiasakn pola hidup sehat.