Cara Perawatan Mobil Matic Agar Tetap Prima

12

Pada awal berkembangnya bidang transportasi, kendaraan roda empat hanya memiliki tipe manual saja. Namun seiring berjalannya waktu, mobil manual bukan hanya satu-satunya kendaraan roda empat. Saat ini sudah ada kendaraan roda empat tipe matic.

Dengan adanya kendaraan roda empat tipe matic, hal tersebut memberikan kemudahan penggunanya untuk mengendarai mobil tersebut. Sekalipun mendapatkan kemudahan dari mobil matic, hal lain yang perlu diperhatikan yakni berkaitan perawatan pada mobil tersebut.

Sama halnya dengan mobil manual, mobil matic juga memerlukan perawatan terbaik guna bisa mendapatkan performa maksimal setiap saat. Dalam artikel ini akan dibahas berkaitan dengan perawatan mobil matic. Silahkan membaca artikel ini hingga tuntas.

Cara perawatan mobil matic yang perlu anda ketahui dan lakukan, diantaranya sebagai berikut ini:

  • Service mobil secara berkala

Perawatan pertama yang harus dilakukan pada mobil matic yakni dengan service secara berkala. Pada mobil matic service berkala tidak bisa dilupakan begitu saja, terutama bila ingin mendapat performa tetap maksimal dan bisa menjaga keamanan penggunanya juga.

Tanpa dilakukan service secara berkala, maka jangan harap bisa mendapatkan performa maksimal ketika mobil tersebut digunakan. Bahkan tidak menutup kemungkinan akan mengalami permasalahan lainnya.

  • Ganti oli transmisi

Kendaraan roda empat matic memang berbeda dengan versi manual. Maka dari itu sangat penting mengganti oli transmisi secara berkala. Dengan tujuan bisa mendapatkan performa lebih baik setiap kali digunakan. Untuk mengganti oli transmisi bisa memperhatikan buku service yang diberikan, misalnya berkaitan jarak tempuh berapa akan diganti oli transmisi. Kemudian pastikan oli yang digunakan juga dengan kualitas terbaik.

  • Lakukan pengecekan valve

Ketahuilah bila kendaraan roda empat matic sering mengalami kerusakan pada gasket transmisi. Misalnya saja seperti kebocoran gasket transmisi maupun kerusakan gasket transmisi.

Maka dari itu sebaiknya mengecek maupun mengganti bila memang terlihat bermasalah guna tidak menimbulkan permasalahan lainnya. Kerusakan pada valve bisa saja mempengaruhi sulitnya pemindahan tuas dan sentakan gas.

  • Lakukan pengujian jalan

Cara selanjutnya untuk merawat mobil matic yakni dengan pengujian jalan. Pengujian jalan yang dimaksudkan bisa berupa memindahkan persneling mobil tersebut kemudian rasakan bila persneling berpindah dengan saksama.

Bila memang terdengar suara yang kurang baik seperti berisik, maka sebaiknya mengecek persneling tersebut. Pastikan saat memindah persneling tidak terdengar suara, namun mudah dilakukan dan suara seperti keadaan baru.

  • Panaskan mobil matic

Terdengar sederhana, namun memanaskan mobil matic merupakan hal yang perlu diperhatikan dengan baik. Ketahuilah bila mobil matic tidak pernah dipanaskan terlebih bila memang tidak digunakan dalam jangka waktu lama, maka bisa membuat kinerja mesin menjadi bermasalah. Panaskan mobil matic anda secara berkala bila ingin menjaga kinerja mesin tetap normal ketika digunakan.

Itulah 5 cara merawat mobil matic agak tetap awet agar kendaraan anda tetap memilik performa yang maksimal.