Cara Menghilangkan Bau Jengkol Saat Dimasak

12

Orang Indonesia mengenal Jengkol sebagai salah satu makanan khas Indonesia. Makanan jengkol seringkali dikonsumsi sebagai kudapan lauk untuk menemani makan nasi. Biasanya jengkol juga banyak diolah menjadi semur, atau dicampur dengan sambal balado.

Tetapi, bagi sebagian orang, jengkol banyak dihindari untuk dikonsumsi. Hal ini dikarenakan bau yang dikeluarkan dari jengkol serta air seni yang juga menjadi bau setelah mengkonsumsi jengkol. Itulah mengapa banyak orang yang menghindari untuk mengonsumsi makan jengkol.

Mengatasi hal itu, para ibu terutama, banyak memiliki cara bagaimana menghilangkan bau jengkol saat dimasak. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bau jengkol saat dimasak. Simak selengkapnya dibawah ini ya.

  • Air Putih

Cara untuk menghilangkan bau jengkol saat dimasak yang pertama adalah dengan menggunakan air putih. Di sarankan menggunakan air es. Jengkol di rendam semalaman agar bau serta racun bisa dinetralisir.

Kemudian, selain menggunakan air es, bisa juga menggunakan air kapur sirih. Banyak yang menghindari cara ini, namun cara ini tidak akan menghilangkan rasa dari jengkol ini sendiri kok.

  • Daun Jeruk Purut

Cara yang selanjutnya adalah dengan menggunakan daun jeruk purut. Bisa dilakukan dengan mengiris terlebih dahulu daun jeruk purut, kemudian masukan daun jeruk purut ke dalam rebusan jengkol. Leburan daun jeruk purut ke dalam Jengkol akan menghilangkan bau sebelum dimasak.

  • Daun Jambu Biji

Selain Jeruk purut, daun jambu biji juga dapat menghilangkan bau jengkol. Caranya hampir sama dengan daun jeruk purut. Cukup rebus jengkol dengan daun jambu biji sampai empuk. Kemudian buang air rebusannya.

Menggunakan daun jambu biji bisa juga untuk menetralisir racun yang ada di dalam jengkol itu sendiri. Lebih memiliki manfaat dibandingkan bila menggunakan daun jeruk purut.

  • Air Beras

Air beras juga bisa menjadi alternatif untuk menghilangkan bau jengkol. Rendam jengkol selama kurang lebih 24 jam atau seharian ke dalam air bekas cucian beras. Lalu, langkah selanjutnya, buang air rendaman itu kemudian ganti dengan air cucian beras yang baru. Setelahnya rendam lagi selama seharian penuh. 

Cara ini dilakukan sekitar dua hingga tiga hari. Kemudian, keringkan jengkol lalu bilas sampai bersih. 

  • Daun Salam

Daun yang bisa dipakai selain daun jeruk purut dan daun jambu biji adalah daun salam. Caranya sama rebus daun salam dengan jengkol secara bersamaan. Lalu tunggu sampai lama agar bau jengkol yang menyengat itu bisa hilang.

  • Kopi

Kopi ternyata bisa menghilangkan bau jengkol. Hal ini dikarenakan kopi memiliki aroma yang kuat. Cukup dengan merendam dan merebus jengkol kedalam kopi hingga matang. 

Menetralisir dengan kopi bisa dilakukan dengan merendam semalaman. Tetapi, bila tidak memiliki waktu untuk merebus semalaman, bisa dengan cara rebus satu sendok makan bubuk kopi dengan satu kilogram jengkol. 

  • Daun Jeruk

Dedaunan lainnya yang bisa digunakan untuk menetralisir bau jengkol sebelum dimasak adala menggunakan daun jeruk. Tidak jauh beda caranya dengan daun lainnya yang disebut diatas, rebus jengkol bersamaan dengan daun jeruk hingga baunya hilang.