3 Cara Mengecek Aki Mobil Secara Mudah dan Aman

18
Cara mengecek aki mobil
Aki mobil saat di bengkel

Sebuah kendaraan tidak akan berjalan jika tidak mempunyai aki didalam mobil maupun motor. Sehingga aki sangatlah dibutuhkan untuk keberlangsungan hidup kendaraan untuk bisa mengarungi jalanan. Kerusakan yang terjadi aki membuat anda sebagai pemilik kendaraan bingung untuk mencari tahu bagaimana kerusakan yang ada dalam kendaraan anda. Gangguan yang dialami membuat pemantik yang ada di dalam kendaraan anda tidak akan mengeluarkan aliran kelistrikan.

Dan hal ini pula yang membuat mobil anda sukar untuk dijalankan. Pemantik yang tidak jalan pada aliran listrik pada komponen mobil biasanya disebabkan oleh aki yang kurang berfungsi dengan baik. Selain itu, masalah lain yang membuat aki anda tidak bisa berfungsi sebagai semestinya yaitu kurangnya perawatan dari aki itu sendiri.

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa aki sangatlah berguna bagi kehidupan mobil maupun kendaraan bermotor. Kendaraan yang mempunya aki yang baik akan bisa berjalan dengan lancar tanpa harus kehilangan daya. Oleh sebab itu kali ini kami akan mengajak anda untuk bisa mengetahui cara mengecek kondisi aki.

Berikut ini adal beberapa cara untuk mengecek aki secara mudah dan aman. Disini kami akan membagikan beberapa tips yang praktis dan dapat anda praktekan dirumah tanpa harus pergi ke bengkel dan bisa mengiritasi biaya pengeluaran :

  • Suara Klakson Tidak Terdengar

Dalam mengecek aki pada mobil sebaiknya perhatikan suara bel atau klakson yang ada pada mobil tersebut. Ketika akan di klakson maka mobil biasanya tidak terdengar suaranya. Dan lebih parahnya untuk yang tidak bisa sama sekali maka membuat klakson sama sekali tidak bisa menyala. Jika terjadi seperti itu sudah dapat dipastikan bahwa aki bisa dibilang sudah sangat lemah dan perlu diisi kembali atau diganti.

Untuk dalam keadaan darurat misalnya dijalan mobil atau motor Anda macet. Bisa gunakan cara memancing dengan memakai jumper. Namun, jika tidak berhasil juga maka sebaiknya ganti aki tersebut dengan yang baru.

  • Periksa Terminal Aki

Terminal pada bagian aki sangatlah penting untuk menjaga kondisi aki kendaraan mobil anda lebih baik. Beberapa masalah yang sering dihadapi oleh terminal aki ini adalah berkarat dan posisinya agak longgar. Jika terminal aki itu kendor maka sebaiknya dikencangkan saja. Namun, kalau terminal aki tersebut berkarat sebaiknya dibersihkan menggunakan air garam atau dibersihkan dengan air hangat.

  • Lihat Pengisian Bensin

Langkah selanjutnya yang bisa anda gunakan untuk bisa mengecek aki pada mobil adalah dengan melihat bagian pengisian bahan bakar minyak. Kalau mobil atau motor anda dalam berkendara kurang bagus untuk jalan di jalanan. Hal itu berarti bensin mobil anda akan habis. Karena disebabkan oleh aksesoris mobil yang terlalu banyak. Sehingga energi yang diserap oleh mesin mobil berkurang.

Aki yang kurang perawatan akan menyebabkan kendaraan anda tidak bisa starter atau tidak bisa menyalakan lampu. Dan membuat mesin anda tidak bisa nyala sebagai semestinya. Pemilik mobil dan motor yang biasanya merawatnya tidak akan membiarkan kejadian dalam kerusakan aki ini terjadi. Pemilik akan melakukan pengecekan secara berkala di bengkel ataupun di cek sendiri dengan membongkar aki tersebut.