Cara Mengatur Keuangan Dengan Tepat Ditengah Pandemic Covid-19

17

Saat ini banyak sekali masyarakat Indonesia yang penghasilannya menurun drastis akibat adanya work from home, parahnya ada yang sampai kena PHK karena perusahaan tempatnya berkerja sudah bangkrut.

Oleh karena itu cara pengelolaan keuangan sangatlah penting dalam kondisi seperti ini. sebab jika keuangan tidak terkontrol sangat besar dampaknya bagi kesehatan. Meskipun masih ada yang mendapatkan gaji normal sperti biasanya, namun lebih banyak yang penghasilannya merosot jauh dari biasanya.

Nah, pada artikel kali ini akan dibahas cara mengelola keuangan yang tepat ditengah pandemic covid-19. Gima sih caranya? Yuk simak!

1. Meningkatkan dana darurat

Satu hal yang pasti dari adanya penerapan work from home adalah menurunnya penghasilan terlebih bagi para pekerja dengan penghasilan harian.

Oleh karena itu guna melindungi dari deteksi kondisi yang akan terjadi kedepannya kalian perlu meningkatkan dana darurat. Yang pada hari biasa hanya menyisihkan 10% dari penghasilan bulanan untuk dana darurat, sekarang coba untuk pangkas pengeluaran yang bisa dipangkas lalu masukkan ke dana darurat.

2. Segera melakukan pembayaran tagihan

Ketika work from home, kalian akan lebih sering berada dirumah pastinya. Sehingga kebutuhan harian seperti listrik, air,dan internet semakin meningkat kan.

Supaya work from home kalian tetap berjalan lancar dan tenang, usahakan untuk sesegera mungkin membayar tagihan bulanan seperti listrik, air dan internet ya. supaya tidak menghambat keperluan yang lainnya.

3. Memangkas pengeluaran

Ditengah pandemi covid-19 seperti sekarang ini, wajib bagi kita semua untuk memangkas pengeluaran baik harian maupun bulanan. Sebisa mungkin memilih lebih selektif mana kebutuhan yang benar-benar penting.

Utamakan kebutuhan wajib seperti makanan, minuman, listrik, air dan internet. Untuk belanja baju, ataupun sepatu nanti dulu deh mending ditahan dulu.

4. Membuat catatan rekap penghasilan

Merekap penghasilan juga penting loh, karena dengan mencatat semua penghasilan bisa membantu kalian mengatur pengeluaran sesuai uang yang kalian punya.

5. Meningkatkan skill

Waktu work form home merupakan waktu yang tepat untuk dimanfaatkan dengan mengasah kemampuan baru. Di saat seperti ini, waktu luang menjadi lebih banyak sehingga kalian bisa mencoba banyak hal baru.

Misalnya menulis artikel, selain mengasah kemampuan menulis kalian juga bisa mendapatkan penghasilan dari menulis loh. Sambil menyelam bisa sambal minum air kan.

Atau misalnya ketika mesin air di rumah kalian rusak dan biasanya langsung memanggil tukang service, kalian bisa memanfaatkan waktu ini untuk mencoba membetulkan mesin airnya sendiri kan. Selain mendapatkan ilmu baru kalian juga bisa menghemat biaya pengeluaran untuk service mesin air.

Semoga cara diatas dapat bermanfaat dan diterapkan oleh banyak orang, dan pandemic covid-19 di negara kita segera berlalu. Aamiin