Cara Mencegah Gaji Bulanan yang “Numpang Lewat”

51

Bagi kamu para pekerja yang memilki upah tetap tiap bulannya, pasti saat gajian adalah saat yang paling ditunggu. Rasanya menyenangkan saldo rekening masih banyak-banyaknya, perasaan langsung ingin online shopping secepatnya.

Tapi sadar ngga sih, kalau ternyata masih banyak pekerja-pekerja yang selalu mengeluh kalau gajinya cuma “numpang lewat” alias cepat habisnya. Hayo pada ngerasain hal yang sama ngga?

Berikut ada beberapa tips untuk mencegah gaji yang cepat habis :

  • Temukan tujuan, teguhkan niat

Cepat habisnya gaji adalah akibat dari kurang mampunya kamu dalam mengelola keuangan. Boros dan tidak memiliki budget untuk menabung membuat kamu kehilangan gaji begitu saja. Motivasi untuk menabung adalah hal  utama harus dimiliki untuk bisa membantu kamu mempermudah menabung.

Misal ingin liburan ke luar negeri, ingin membeli hp baru, melanjutkan kuliah, atau menikah. Tujuan tersebut membantu kamu termotivasi untuk mendisiplinkan diri kamu dalam menyisihkan uang tabungan. Setelah motivasi dan tujuan sudah ada maka teguhkanlah niat kamu dan berjanji pada diri sendiri.

  • Tentukan jangka waktu untuk mencapai tujuan

Ketika tujuan sudah ditetapkan, maka saatnya kamu menetapkan jangka waktu untuk mencapai tujuan tersebut.  Dengan jangka waktu yang jelas, kamu dapat menentukan berapa komposisi uang yang harus kamu sisihkan untuk dengan cepat mencapai tujuan kamu. Kamu juga bisa membuat tabungan berjangka dengan bantuan bank dan fasilitas autodebet (pemotongan saldo rekening otomatis) sehingga tidak ada lagi alasan lupa bagi kamu untuk menabung.

  • Buat pos pengeluaran

Untuk mempermudah kamu dalam melakukan transaksi pengeluaran,  kamu dapat membuat beberapa rekening berbeda dengan minimal tiga pos pengeluaran seperti : pos biaya hidup, pos tabungan, dan pos dana darurat. Dengan rekening yang berbeda ini dapat mencegah uang masuk dan uang keluar tercampur.

  • Catat pengeluaran

Buatlah catatan pengeluaran untuk seluruh transaksi yang kamu buat. Kamu dapat menggunakan jurnal pribadi atau aplikasi pencatat pengeluaran yang dapat diunduh via smartphone. Dengan mencatat seluruh pengeluaran kamu dapat mengevaluasi transaksi mana yang paling tinggi pengeluarannya sehingga kamu dapat mencari cara untuk mengurangi beban pengeluaran tersebut.

  • Do I need this, do I want this?

Jadikan kata-kata ini sebagai “mantra” saat kamu ingin membeli sesuatu. Tetapkanlah kebutuhan diatas keinginan. Bijak dalam membeli sesuatu akan sangat membantu kamu dari pengeluaran yang tidak perlu. Belajar hidup dengan konsep minimalis dapat membantu kami menjadi manusia yang sederhana tanpa harus memaksakan diri dengan gaya hidup yang tidak sesuai dengan pendapatan.

Itulah beberapa cara untuk mencegah gaji yang “numpang lewat” semoga dapat membantu!