Cara Memperbaiki Dinamo Starter Mobil Yang Rusak

9

Dinamo starter  adalah bagian dari komponen mesin yang kegunaannya untuk memutar mesin pertama kali. kegunaannya berbeda dengan dynamo ampere. Yakni memiliki kegunaan untuk menyuplai listrik ke aki saat mesin dihidupkan. Kerusakan dynamo starter membuat mesin tidak bisa hidup ketika di starter hal ini sungguh membuat repot apalagi ketika terburu-buru.

Ada beberapa penyebab kerusakan dynamo starter:

  1. Kerusakan ini yang paling sering terjadi. Faktor kerusakan ini karena aki soak atau setrum aki kurang. Tanda ini bisa dilihat ketika awal starter mobil terdengar bunyi klik tetapi mesin tidak hidup.
  2. Kemungkinan penyebab lain karena solenoid starter rusak. Kerusakan ini biasanya terjadi pada gulungan(switch) yang terdiri dari dua gulungan hold in coil dan pull in coil (jika kerusakan pada pull in coil. Akan membuat daya magnet yang menahan gear pinion berkurang, sehingga membuat gear pinion bergerak mundur)
  3. Habisnya karbon brush , yang membuat gear pull in coil tidak bekerja secara optimal untuk mendorong pinion gear.
  4. Kemungkinan faktor lain dikarenakan terbakarnya gulungan pada dynamo motor starter mobil anda.

Kerusakan pada dynamo starter membuat mesin tidak mau hidup ketika di starter. Cara memperbaiki anda bisa mencoba sendiri atau panggil teknisi terdekat.

berikut cara memperbaiki starter mobil. Ada baiknya anda memeriksa kondisi aki mobil anda terlebih dahulu:

  • Langkah pertama anda bisa mengecek  bagian aki, factor ini juga berpengaruh ketika melakukan starter mobil. Lakukan pengecekan air aki ataupun kabel ,mungkin ada yang kurang kencang.
  • Lakukan pemeriksaan pada kabel otomatis yang terhubung antara soket ke dynamo starter. Apabila ada kabel yang longgar untuk dikuatkan atau bahkan ada yang putus.
  • Periksa pada bagian sekring dan relay, lakukan starter dan jika ada bunyi “klek” mungkin kerusakan ada pada bagian relay atau sekring.
  • Jika sudah namun masih tidak bisa, panggil teknisi atau sebaiknya anda membawa mobil ke bengkel.

Langkah lain untuk menghidupkan mobil, ketika dynamo starter rusak.

  • Pertama anda  bisa melakukan jumper .Siapkan  aki 1 lagi yang ada daya ,atau dengan mobil yang mesin sedang hidup. Alat lain yang digunakan adalah jumper atau anda bisa menggunakan kabel  dengan lempengan tembaga utuh yang kuat  dan tidak berambut.
  • Setelah itu hubungkan mobil dengan aki atau mobil lain yang akan di jumper dengan menggunakan jumper atau kabel tadi. Cek antar jumper pada setiap bagian kutub positif dan kutub negatif pada masing-masing aki.
  • Agar tidak korselet ketika mencoba di starter. pastikan juga untuk mematikan Ac atau lampu yang hidup. Setelah itu lakukan starter pada mobil anda.
  • Anda bisa mencoba mendorong jika mobil manual, lalu masukkan ke gigi rendah. itu bisa memancing mobil untuk hidup, agar bisa di bawa ke bengkel.