Cara Memilih Pendamping Hidup dalam Islam

123
Sumber: LavendsJourney

Pernikahan adalah langkah lain dalam hidup yang setiap orang akan memakannya suatu hari nanti.

Ini sama sekali tidak mudah, terutama saat kita akan membuat keputusan untuk menikah. Karena pernikahan adalah hal suci yang hanya kita lakukan sekali seumur hidup, kita harus benar-benar dan berhati-hati.

Setelah menikah, suami dan istri akan saling mempengaruhi dan bergantung satu sama lain. Itulah sebabnya beberapa orang banyak berubah saat mereka menikah.

Itu karena mereka dipengaruhi oleh karakter pasangannya. Sehingga memilih pasangan yang tepat sangat penting sebelum memutuskan untuk menikah. Bagaimana memilih pasangan yang tepat dalam Islam?

Inilah hal-hal yang dapat Anda lakukan:

  1. Jangan Mencari Mereka di Media Sosial

Di era internet dan media sosial, orang cenderung mencari pasangan di salah satu platform tersebut. Tapi ini tidak disarankan dalam Islam, karena kita tidak akan bisa memilih pasangan yang tepat berdasarkan media sosial saja. Kita tidak pernah tahu apakah orang itu benar-benar Muslim atau tidak, karena semua orang bisa menjadi semua orang di media sosial.

  1. Berteman dengan Orang Baik

Jika kita mencari pasangan yang baik, maka carilah mereka di antara orang baik. Kita harus menjadi teman dengan orang baik dan selalu mengelilingi diri kita dengan mereka. Saat kita rajin sholat di masjid dan memperbanyak ibadah Sunnah, Insya Allah kita akan bertemu seseorang yang rajin seperti kita dalam sholat.

Sumber: Google

3. Jadilah Realistis

Dalam Menemukan pasangan hidup, kita tidak harus mencari pasangan yang sempurna. Karena sejatinya tidak ada orang yang sempurna, kecuali Nabi Muhammad SAW. Kita tidak akan pernah menemukan kesempurnaan dalam diri manusia, karena hanya milik Allah SWT. Terimalah bahwa pasangan masa depan kita mungkin penuh kekurangan.

Dan pahami juga ketika dua orang dipersatukan dalam pernikahan, itu bertujuan untuk saling melengkapi dan saling menutupi ketidaksempurnaan.

  1. Carilah Mereka di Tempat Bagus

Dimana kita biasanya nongkrong? Jika kita adalah seseorang yang suka menari di klub malam, bagaimana kitaa bisa mengharapkan pasangan yang dekat dengan Allah?

Temukan pasangan yang tepat di tempat yang tepat. Karena pasangan kita adalah cermin diri kita, jadilah seseorang yang kita inginkan dari pasangan kita.

5. Minta Saran Orang Tua

Pernikahan tidak hanya untuk kita, tapi juga orang tua kita akan terpengaruh olehnya. Karena kebahagiaan kita juga merupakan kebahagiaan mereka, mintalah saran mereka untuk memilih pasangan yang tepat. Orang tua kita memiliki lebih banyak pengalaman dalam hidup daripada kita, sehingga bisa membaca karakter seseorang dengan lebih baik.

6. Pastikan Kita Siap

Sebelum memilih pasangan yang tepat, kita harus bertanya pada diri sendiri apakah kita sudah siap untuk menikah atau tidak. Pasangan yang kita pilih pasti memiliki beberapa sisi negatif yang mungkin mengejutkan kita di masa depan, dan kita harus siap saat kita dihadapkan dengan sisi tersebut.

7. Lihatlah Kepada Diri Sendiri

Semua orang menginginkan yang terbaik untuk pasangan mereka. Tapi pertama, kita juga harus melihat diri kita sendiri. Apakah kita cukup baik dari seseorang sehingga Anda layak mendapatkan pasangan sesuai keinginan Anda?

8. Berdoa Kepada Allah SWT

Siapa yang tahu apa yang terbaik untukmu selain Allah SWT? Berserah dirilah kepada Allah SWT untuk membantu kita memilih pasangan yang tepat. Allah akan membantu kita melalui beberapa petunjuk dalam mimpi kita atau kepastian di hati kita. Karena apa yang Allah pilih untuk kita tidak pernah salah dan itu adalah hal terbaik yang bisa terjadi pada kita.

9. Selalu Berpikir Positif

Selalu memiliki prasangka yang baik kepada Allah SWT bahwa Dia telah mempersiapkan yang terbaik untuk kita. Termasuk pasangan hidup kita. Jangan pernah berpikir bahwa kita memilih orang yang salah. Suatu hari nanti kita akan menemukan alasan mengapa Allah mengirim orang itu kepada kita.

10. Lihat Kepada Sifat dan Sikapnya dan Bukan Sesuatu yang Lain

Dalam kehidupan, orang sering terpesona oleh hal-hal materi. Mereka lupa bahwa kekayaan bisa diperoleh dengan kerja keras, dan mereka melupakan apa yang lebih penting: karakter. Inilah yang menentukan seseorang. Jika kita ingin memilih pasangan yang tepat untuk kita, lihatlah karakter mereka dan tidak ada yang lain.

Sumber: Google

Cara lainnya

Berikut lebih Banyak Cara untuk Memilih pasangan yang Tepat menurut islam, diantaranya:

  • Karena pernikahan adalah salah satu tindakan suci dalam Islam, tetapkan tujuan dan niat kita untuk menikah. Ini memiliki dampak besar bagi siapa yang akan kita pilih sebagai pasangan hidup untuk menikah.
  • Pastikan kita tahu kualitas apa yang kita inginkan dari pasangan kita. Seperti yang dilaporkan oleh Abu Hurairah, Nabi (SAW) berkata, “Pria memilih wanita karena empat alasan: kekayaan mereka, derajat mereka, kecantikan, dan agamanya, tapi menikahi seseorang yang religius dan Anda akan berhasil” – Bukhari & Muslim
  • Pasangan terbaik adalah mereka yang tahu cara menurunkan pandangan mereka. “Dan katakan pada wanita yang beriman untuk menurunkan pandangan mereka dan bersikaplah sederhana, dan untuk menampilkan hiasan mereka hanya apa yang tampak jelas, dan untuk menarik kerudung mereka di atas dada mereka …” – An Nur (24:31)
  • Tidak apa-apa meminta bantuan orang lain untuk memilih pasangan yang tepat untuk kita. Ingat kapasitas orang lain hanya untuk memberi nasehat, jangan ambil bagian dalam pengambilan keputusan.
  • Untuk menemukan pasangan yang setia kepada Islam, carilah bantuan dari orang yang sangat bisa dipercaya sebagai muslim.Mencari informasi tentang seseorang dari pandangan pihak ketiga. Bisa jadi seseorang yang mengenal mereka dengan baik dan seseorang yang bisa kita percaya. Dengan mendengarkan dari pandangan orang lain, ini bisa membantu kita membuat keputusan.
  • Jika kita akhirnya tertarik pada seseorang dan akan menemui mereka, hindari bertemu dengan mereka berdua saja. Minta teman lain untuk ikut dengan kita untuk menghindari bisikan jahat Shaytaan.
  • Bicaralah hanya apa yang penting bagi mereka dan to the point. Karena kita belum mahram, berbicara untuk waktu yang lama bisa menimbulkan hasrat seksual kita dan hal itu bisa membawa Anda ke arah yang negatif.

Jadi begitulah cara memilih pasangan yang tepat dalam Islam. Setelah membaca semua hal di atas, sekarang kita memiliki panduan untuk membantu kita menemukan pasangan terbaik untuk menghabiskan sisa hidup kita.