Cara Bijak Menegur Anak Saat Melakukan Kesalahan

28

Mendidik anak memang bukanlah hal mudah. Itu sebabnya, sangat diperlukan berbagai cara tepat dengan prosedur yang baik agar tidak salah dalam mendidik. Sebab, jika pola didik orang tua terhadap anak kurang tepat akan berakibat fatal.

Wajar jika orang tua sedikit kesulitan saat mengarahkan anak, namun bukan berarti orang tua boleh diam saja. Itu bukan langkah yang tepat ya. Oleh sebab itu, berikut ulasan yang perlu disimak tentang cara tepat menegur anak saat melakukan kesalahan yuk simak :

  • Menegur Anak

Jangan memarahi anak, tegur dengan cara baik. Jangan menegurnya di depan orang banyak. Ketika anak melakukan kesalahan, berusahalah menegurnya di tempat yang tepat. Jangan sampai menegurnya di depan temannya atau orang lain. Terlebih dengan ucapan yang kurang mengenakkan. Justru itu akan membuat anak tersinggung. Dan semakin susah untuk di arahkan.

  • Menegurnya dengan empat mata

Salah satu cara tepat menegur anak adalah dengan mengajaknya berbicara di tempat dan waktu yang tepat. Saat sedang di rumah atau dalam perjalanan pulang. Berbicara pelan-pelan dan memberi pengertian bahwa tindakan yang ia lakukan termasuk tindakan yang kurang baik. Dan tidak bagus jika diulangi lagi. Namun, sebaiknya tidak menyalahkan seutuhnya ya.

  • Jangan membentaknya

Anak kecil wajar melakukan kesalahan, karena mereka belum tahu sepenuhnya apa yang ia lakukan benar atau salah. Peran orang tua lah yang memberi arahan kepada anak untuk memahaminya pelan-pelan. Jika seorang anak melakukan kesalahan yang sedikit fatal atau susah dibilangin, jangan dibentak dengan suara yang keras dan kalimat yang kasar. Itu akan membuat anak membenci orang tua, dan semakin sulit diatur.

  • Ajak diskusi

Cara bijak yang satu ini, efektif digunakan. Sempatkan waktu spesial untuk anak dan orang tua. Membicarakan banyak hal-hal yang terjadi di lingkungan. Sangat di sarankan orang tua menstimulus anak agar anak lebih terbuka dan menceritakan apa saja yang ia alami. Termasuk kesalahan yang pernah ia perbuat. Saat anak sudah jujur, orang tua tidak boleh mentah-mentah menyalahkan perbuatan buah hati. Cukup menuntun anak saja, kira-kira apa yang ia perbuat termasuk perbuatan terpuji atau bukan? Dengan seperti itu, anak akan mengerti dengan sendirinya.

Itulah artikel cara tepat menegur anak saat melakukan kesalahan. Semoga Bermanfaat.