Cara Ampuh Bangun Dari Kegagalan

32
kegagalan

Kegagalan adalah suatu ketakutan atau momok bagi sebagian orang. Banyak orang yang selalu pesimis kita dihadapkan kegagalan. Tapi tahukah kamu, dengan adanya kegagalan justru kita dapat belajar untuk memperbaiki diri menjadi lebih baik lagi dan bisa menginovasi sesuatu menjadi lebih baik lagi.

Mungkin sebagian orang sadar, gagal adalah suatu lika liku yang harus dilewati dan mungkin terjadi tanpa bisa dihindari. Kita juga tak pernah tau, kegagalan akan datang di titik kita sudah berhasil atau justru di awal langkah. Semuanya teka teki.

Kita juga sering banget terlatih mendengarkan kalimat “gagal itu biasa”, “gagal itu bukan pacuan untuk kamu mundur”, “gagal itu….ini….”, dan masih banyak lagi. Mungkin ketika kita ada di posisi kegagalan, diri kita merasa down dan kacau. Begitu mendengar kata-kata ini, sebenarnya banyak tipikal orang yang berbeda-beda menanggapi. Ada yang termotivasi untuk bangkit kembali, dan ada yang bersikap masih terpuruk dengan mengatakan “ngomong doang mah enak”. Bener nggak?

Selain beberapa kalimat di atas yang sering kita dengar ketika kita down, pastinya kita selalu merenung dan bertanya dalam hati “kurangnya diri kita apa sih?”, “Ini ujian atau tuhan nggak sayang kita?”, “Emang dasarannya nggak punya jiwa (usaha atau lainnya) makanya gagal”, dan masih banyak lagi.

Oke, kegagalan itu sebenarnya bukan suatu yang rumit dan justru bukan pilihan untuk menghentikan langkahmu atau mengepakkan sayapmu. Kamu masih bisa membenahi semuanya dengan beberapa cara berikut.

  • Baca Buku Inspiratif

Bacalah kisah para tokoh inspiratif yang menarik untuk kamu baca Di Indonesia tanpa kamu sadari banyak tokoh-tokoh inspiratif yang bisa kamu jiplak semangatnya. Banyak juga dari mereka yang sukses karena kegagalan-kegagalan sebelumnya di awal kali merintis karir. Apakah ketika mereka menemui kegagalan, mereka berhenti dan meratapi kegagalannya? Tidak, mereka bangun dan melangkah lebih baik lagi bahkan hebatnya sekarang menjadi orang yang menginspirasi bagi banyak manusia.

  • Cobalah Berinovasi

Kamu gagal dalam percobaan pertama? Tenang gagal bukan berarti kamu harus berhenti. Gagal menandakan bahwa kamu harus melakukan inovasi-inovasi baru, agar menjadi pribadi yang beda dengan yang lain. Bahkan memiliki ciri khas tersendiri.

  • Yakin

Yakin merupakan kekuatan yang luar biasa dalam diri seseorang. Tanpa adanya rasa yakin, sadar atau tidak kita pasti bingung dan ragu untuk melangkah. Nah mulai sekarang kurangi pertanyaan “Benar nggak si, jalan yang aku ambil sekarang?”. Kenapa? Karena pertanyaan ini justru membuatmu merasa dirimu belum mampu untuk melangkah, dan masih terus ingin aman di posisi paling nyaman.

Jadi itu dia sahabat dori 3 cara ampuh untuk bangun dari kegagalan. “Tapi boleh nggak si pas kita gagal tu kita nangis?” Boleh kok, itu lumrah dan hak setiap orang. Sekuat-kuatnya orang ketika jatuh di posisi paling bawah atau terpuruk pasti ia akan meneteskan air matanya.

Tapi setelah itu, give up dong. Kamu harus yakin, kalau kamu adalah makhluk beruntung yang diciptakan tuham untuk menjadi orang yang berproses dalam menjalani hidup. Semoga bermanfaat.