Calon Mahasiswa Baru IAIN Madura Wajib Tes Urine, Berikut Keterangannya

56

Salah satu administrasi pendaftaran calon mahasiswa baru IAIN Madura di semua jalur (SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, MANDIRI-PTKIN) wajib melakukan tes urine sebagai bukti negatif narkoba dengan dibuktikan surat keterangan bebas narkoba dalam hal ini ditangani oleh Laboratorium dan Pusat Layanan Konseling IAIN Madura Bekerjasama dengan GHANA Recovery Pamekasan.

Tes urine tidak hanya berlaku pada angkatan 2019 akan tetapi sebelum-sebelumnya tes urine ini sudah diberlakukan sampai pada angkatan-angkatan berikutnya. Pada hari Rabu 17 Juli 2019 awak media mengunjungi tempat tes urine calon mahasiswa baru tempatnya di auditorium IAIN Madura. Pada kesempatan ini awak bertemu dengan ketua himpunan mahasiswa Bimbingan Konseling Pendidikan Islam periode 2018-2019 dan petugas laboratorium dan Ghana yang sedang melayani Mahasiswa Baru tes urine.

Di sela-sela waktu renggang awak media menyapa salah satu petugas dari laboratorium yang memang dia temanku sendiri di jurusan Bimbingan Konseling Pendidikan Islam. Di sini saya tanya-tanya terkait teknis pelaksanaan tes urine di mana untuk hari ini masih jalur UM-PTKIN mulai dari tanggal 11-25 Juli 2019, pada hari ini suasananya sepi tidak sama dengan hari-hari sebelumnya yang membludak. Adapun syarat-syarat administrasi untuk tes urine yaitu harus membawa ijazah dan foto 3×4 2 lembar dan uang senilai Rp 75000.

Untuk jalur MANDIRI-PTKIN dimulai dari tanggal 06 Agustus 2019 sampai dengan 14 Agustus 2019. Tes urine ini guna untuk mengantisipasi adanya calon mahasiswa/i IAIN Madura positif narkoba yang sangat dilarang oleh negara republik Indonesia. Sehingga tes urine ini diwajibkan kepada seluruh calon mahasiswa/i yang mau kuliah di IAIN Madura.

Bagi calon mahasiswa/i baru tidak perlu sungkan datang ke tempat pelayanan, karena pelayanannya sangat ramah, melayani sepenuh hati, para petugasnya murah tersenyum membuat para calon mahasiswa/i baru tidak sungkan menghadapnya kepada petugas. Buktinya ketika awak media mengunjungi para petugasnya menyambutnya dengan senyuman dan mudah diajak mengobrol seputar pelayanan tes urine.

Sehingga awak media merasa nyaman melakukan konsultasi dengan salah satu petugas yang tidak sedang menangani Mahasiswa/i tes urine. Para petugasnya dari kampus IAIN Madura merupakan mahasiswa/i program studi Bimbingan Konseling Pendidikan Islam (BKPI) yang terorganisir dari laboratorium dan pusat layanan konseling. Selamat datang di kampus IAIN Madura.