BWF Resmi Menunda Piala Thomas dan Uber 2020

7

Kopenhagen, 21 Maret 2020 – BWF (Federasi Bulu Tangkis Dunia) memberikan konfirmasi bahwa Piala Thomas dan Uber 2020 akan ditunda hingga kondisi yang disebabkan oleh virus corona kembali normal. Jadi, sudah dipastikan kompetisi yang seharusnya digelar di Denmark pada tanggal 16-24 Mei 2020 tidak akan diadakan sesuai jadwalnya.

Karena kondisi ini, BWF dan pihak Federasi Bulu Tangkis Denmark langsung mengadakan rapat untuk membicarakan kapan Piala Thomas dan Uber 2020 akan diadakan kembali. Setelah melakukan pembicaraan dengan banyak pertimbangan, akhirnya kedua belah pihak memutuskan untuk mengadakan kompetisi ini pada tanggal 15-23 Agustus 2020 yang diduga keadaan sudah kembali normal.

Menurut Thomas Lund selaku Sekretaris Jenderal BWF, mundurnya Piala Thomas dan Uber 2020 ini karena virus corona yang semakin menyebar dan belum teratasi dengan baik. Jika kompetisi masih tetap dijalankan akan membahayakan semua orang yang terlibat di kompetisi ini. Baik para petanding, panitia acara, hingga penonton langsung kompetisi ini.

Ia dan semua orang di balik kompetisi ini berharap Agustus dimana Piala Thomas dan Uber 2020 akan diadakan situasi sudah kembali pulih dan virus corona sudah teratasi. Kabar buruk jika kondisi belum berjalan normal, sehingga kompetisi kembali diundur dan mengecewakan banyak pihak.

Para pihak di balik kompetisi besar ini berpikir bahwa kesehatan, keselamatan dan keamanan semua orang adalah hal paling penting dibandingkan kompetisi yang masih bisa digelar beberapa bulan lagi. Karena, apa artinya kompetisi yang berjalan beberapa hari saja jika setelahnya akan membahayakan keselamatan banyak orang terutama para petanding.

Sudah dihimbau juga di hampir semua wilayah untuk tidak mengadakan suatu acara yang mengundang atau mengumpulkan banyak orang untuk menghindari penyebaran virus corona yang semakin luas. Karena, dengan adanya virus corona memang melarang siapapun pergi ke tempat sekumpulan orang.

Kontak langsung dengan banyak orang bisa membahayakan kesehatan diri. Oleh karena itu, demi kebaikan dan keamanan bersama perkumpulan apapun terutama liga atau pertandingan besar sekalipun harus dilakukan pengunduran jadwal.

Akibat virus yang membahayakan keselamatan ini, Piala Thomas dan Uber 2020 menjadi pertandingan atau turnamen yang kesekian yang jadwal pertandingannya ditunda resmi oleh BWF. Beberapa diantaranya adalah India Open, Singapura Open, Malaysia Open, sampai Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2020.

Penundaan yang dilakukan secara resmi oleh pihak BWF ini bertujuan agar penyebaran virus corona bisa segera dihentikan. Pada saat ini dunia sedang memerangi virus corona yang sedang menjadi masalah serius.