Butterfly Effect Kematian Para Idol KPOP Mulai Mengkhawatirkan

17

Baru-baru ini, publik dikejutkan dengan kematian artis cantik dan multi talenta Choi Sulli. Sulli adalah mantan member dari kpop idol bernama f(x) yang dinaungi oleh SM Entertaiment yang juga agensi idol-idol lain seperti Super Junior, Girls Generation, Shinee, EXO, RED VELVET dan NCT.

Namun yang lebih menggemparkannya lagi, Go Hara yang merupakan mantan member Idol Kara pada 25 November lalu menjadi pukulan hebat bagi penggemar maupun publik. Go hara yang tak lain merupakan sahabat dari Choi Sulli, membuat penggemar dan publik berpendapat bahwa kematian Hara disangkut pautkan dengan kematian Jonghyun Shinee dan Sulli ex f(x).

Tahun 2019 rupanya menjadi tahun terburuk bagi penggemar Kpop, setelah tahun lalu kehilangan salah satu Idol yang paling bersinar dan bertalenta yaitu Jonghyun anggota Shinee, tahun ini lagi-lagi penggemar kehilangan Sulli dan Hara.

Tak ayal, kejadian ini menjadikant pengingat yang cukup besar bagi para idol, agensi dan masyarakat umum bahwa penyakit mental berupa depresi sangat berbahaya. Kejadian yang tidak disangka-sangka dan dianggap penting, bisa saja menjadi hantaman keras bagi orang-orang tertentu atau peristiwa ini bisa kita sebut sebagai Butterfly Effect.

Banyak artikel dan komentar yang menyebutkan bahwa yang membunuh ketiga idol ini adalah komentar jahat, kesendirian dan depresi. Tentu saja kejadian ini bukan merupakan kejadian yang pertama di Korea, banyaknya kasus bunuh diri artis di Korea karena depresi sudah sering kali terjadi.

Namun lagi-lagi para oknum yang mungkin hanya menyampaikan pendapatanya dengan kata-kata kasar kepada orang lain belum juga jera. Kematian tiga idol yang sangat terkenal ini, membuat penggemar lainnya merasa khawatir terhadap idol mereka yang dekat dengan ketiganya dan memiliki riwayat depresi.

Beberapa idol yang dikhawatirkan penggemar adalah Taeyeon, Heechul dan juga IU. Ketiga idol senior itu memang dikenal menjalin persahabatan dengan Jonghyun, Sulli maupun Hara. Taeyeon yang memang telah diketahui memiliki riwayat depresi, begitupun juga dengan Heechul yang setelah kematian Go Hara langsung memprivasi akun instagramnya, bahkan IU terlihat menangis ketika mengingat kematian ketiga sahabatnya di konser terbarunya.

Tak hanya Taeyeon, Heechul dan IU. Penggemar Kpop juga mengkhawatirkan keselamatan idol lain yang baru-baru ini juga mengidap depresi dan penyakit kesehatan mental lainnya. Idol tersebut adalah Mina TWICE yang saat ini hiatus karena penyakit Anxiety-nya. Ada juga Hyuna dan artis lainnya.

Keluarga dan orang-orang terdekat mereka diharapkan dapat menjaga dan memotivasi para idol idol ini agar tidak terus menerus depresi. Bahkan baru-baru ini karena maraknya kasus bunuh diri Artis yang melibatkan komentar jahat yang memicu depresi, pemerintah Korea mulai menonaktifkan kolom komentar dan membuat undang-undang mengenai komentar jahat yang melindungi kesehatan mental para artis.