Bupati Morowali Utara Dimakamkan Sesuai Protokol Covid19

50

Jakarta, Jumat 3 April 2020 – Jenazah Aptripel Tumimomor Bupati Morowali Utara dimakamkan dinihari pada hari ini Jumat, 3 April 2020. Proses pemakaman orang nomor satu di Morowali Utara ini dilangsungkan berdasarkan arahan protokol penanganan jenazah pasien terjangkit virus corona.

Haris Kariming selaku Kepala Biro Humas dan Protokol Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah menyebutkan bahwa pemakaman jenazah Bupati tersebut dilakukan di Pekuburan Gowa atas permintaan keluarga. Haris juga menyebutkan lokasi pekuburan ini ialah area pemakaman yang sudah disediakan oleh pemerintah untuk aparatur sipil yang terinfeksi virus corona.

Aptripel Tumimomor yang selaku Bupati Morut ini menghembuskan nafas terakhir kemarin di Rumah Sakit Umum Wahidin Sudirohusodo kurang lebih jam 22.30 Wita. Sebelum ini almarhum sudah menjalani perawatan rumah sakit selama 2 hari, dan kini meninggalkan satu orang istri bersama 3 orang anak.

Sebelumnya Bupati Morut memang sudah melalui pemeriksaan untuk mengetahui apakah beliau terinfeksi virus corona atau tidak. Hal ini seperti yang disampaikan oleh Heri Pinontoan selaku Kepala Bagian Humas Morut di akun resmi Facebook milik Pemerintah Kabupaten Morowali Utara. Pemeriksaan yang dilakukan ini berupa rapid test berlangsung di Rumah Sakit Umum Kolonodake dan hasil yang didapatkan negatif corona.

Setelah sempat dirawat di Rumah Sakit Umum Kolonodale kemudian dirujuk untuk perawatan lanjutan di Makassar. Kemarin sudah dilakukan pemeriksaan sampel swab tetapi hingga saat ini belum didapatkan hasil yang pasti atas pemeriksaan tersebut. Hal ini menjadikannya masih belum diketahui apakah nanti hasilnya menjadi positif atau tetap negatif.

Sebelum menjadi Bupati, Aptripel Tumimomor ialah seorang pengusaha. Kemudian beliau pada proses pemilihan kepala daerah pertama bulan Februari tahun 2016 lalu, beliau terpilih di Kabupaten Morut menjadi bupati definitif pada pemilihan pertama. Terpilihnya beliau sebagai Bupati Morowali Utara ini menjadikannya tidak hanya pebisnis ataiu dosen saja,tetapi juga menjadi bagian dari pemerintahan di tingkat daerah.

Saat ini hingga beliau menghembuskan nafas terakhir,  Aptripel Tumimomor masih tercatat sebagai dosen UKIP atau Universitas Kristen Indonesia Petra) di Makassar. Diketahui bupati ini memiliki tanggal lahir pada tanggal 3 April tahun 1966 tersebut, selain  menjabat sebagai bupati Morowali Utara juga memiliki peran penting di Universitas Kristen Indonesia Petra  yang berlokasi di Makassar. Apalagi sampai beliau menghembuskan nafas terakhir, masih disebutkan sebagai salah seorang dosen yang bekerja di universitas tersebut.

Jabatannya sebagai seorang bupati  menjadi alasan jenazah beliau dimakamkan di area pemakaman aparat sipil. Dimana area ini sudah disiapkan oleh pemerintah Morowali Utara untuk para jenazah yang sudah dijangkiti virus corona.