Bukan Hanya Lion Air, Citilink Juga Akan Menerapkan Bagasi Berbayar!

17

Transportasi udara umumnya tidak menetapkan tarif untuk bagasi di dalam penerbangannya.

Namun kali ini berbeda, kabar mengenai salah satu maskapai di Indonesia, Lion Air, yang dahulunya menerapkan bagasi gratis pada penumpangnya ternyata sekarang sudah tidak memberikan bagasi gratis alias sekarang memungut biaya di dalam bagasi yang tidak tanggung tanggung.

Dapat digolongkan bahwa sekarang mahal untuk mendapatkan penerbangan Lion Air. Paling Mahal mereka mematok harga sebesar 930 ribu rupiah dan paling minim 155 ribu rupiah (untuk bagasi sebesar 5 kilogram).

Menurut salah satu agen travel dan juga website resmi dari kantor Lion Air sendiri, sudah menyatakan bahwa pelanggan yang membawa bagasi dapat membelinya ketika membeli tiket, selain itu, bisa juga membeli setelah memesan tiket, namun 6 jam sebelum keberangkatan melalui web lion air.com.

Untuk pelanggan yang membawa bagasi uang menjalani penerbangan selama lebih dari 3 jam perjalanan.

Tidak hanya Lion Air saja ternyata yang menerapkan bagasi berbayar, namun setelah Lion Air ini, Penerbangan lainnya juga akan mengikuti jejaknya untuk menerapkan bagasi yang berbayar termasuk di dalamnya adalah maskapai citilink.

Salah satu perwakilan dari Citilink Indonesia sendiri telah mengklarifikasi dan membenarkan berita yang beredar ini.

Amalia Yaksa selaku Sales & Distribution dari Citilink Indonesia juga menyampaikan bahwa akan memberikan harga bagasi untuk penerbangan dalam negeri, namun, penumpang internasional yang adalah anggota dari Garudamiles sendiri akan mendapatkan fasilitas bagasi secara gratis.

Sesuai dengan Ketentuan yang di berikan oleh Kementrian Perhubungan Republik Indonesia sendiri Nomor PM 185 di tahun 2015 mengenai pelayanan penumpang Ekonomi.

Dan Amalia sendiri juga menyatakan bahwa maskapai dimana dirinya bernaung,  Citilink Indonesia, juga masuk di dalam kategori dari maskapai pelayanan dengan standar minimum, maka dari itu, perusahaan dapat memberikan biaya untuk bagasi sendiri.

Citilink Indonesia belum secara pasti menyebutkan kapan ini akan di lakukan, namun perusahaan dari Citilink Indonesia sudah mulai berbincang dan berkoordinasi dengan pihak pihak yang terkait. Tentunya ada hal yang perlu di perhatikan seperti setiap kesiapan dari karyawan sendiri.

Citilink sendiri sangat berharap bahwa kententuan ini sendiri akan berjalan dengan baik, dengan menjaga setiap pelayanan penerbangan agar tetap baik.

Menteri Perhubungan, Budi Karya sendiri memang menyatakan bahwa perusahaan bisa menerapkan kebijakan ini setelah melakukan sosialisasi atau perkenalan dan adaptasi selama dua minggu.

Lion sendiri juga sudah melakukan aturan ini mulai hari Selasa (08/01) lalu. Banyak masyarakat yang merasa bahwa ini sangat merugikan, apalagi dari maskapai Lion Air.

Setelah banyak permasalahan yang ada di lion Air seperti, keterlambatan penerbangan yang sangat lama, dan juga musibah jatuhnya pesawat pada akhir tahun 2018 lalu, tentunya ini menjadi masalah yang besar, dan akan terlihat bahwa minat orang orang untuk memilih maskapai ini sendiri akan cenderung turun. Karena kualitas